HMJ Bahtera UMM Gelar Aksi Bahasa Indonesia Berbicara

55
Longmarch bulan bahasa
MALANG — Dalam rangka memperingati bulan bahasa yang jatuh pada bulan Oktober, Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ Bahtera) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar aksi “Bahasa Indonesia Berbicara” di acara Car Free Day yang berlangsung hari ini Minggu (25/10/2015).
Sebanyak 175 orang masa aksi melakukan longmarch memutari jalan Ijen. Sambil berjalan, para masa aksi juga membacakan teks Sumpah Pemuda seraya menyerukan kepada masyarakat agar menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Tidak hanya itu, beberapa mahasiswa juga terlihat menggunakan pakaian adat.
Menurut Handaru Yogha selaku koordinator acara menjelaskan, bahwa kegiatan ini diadakan untuk memperingati bulan Bahasa dan untuk mengingatkan kepada masyarakat Indonesia bahwa kita harus mulai membumikan lagi bulan bahasa.
Hal ini dirasa penting karena menurutnya, penggunaan bahasa Indonesia kini mulai tergerus dengan bahasa asing. Bahkan dijaman sekarang, jarang sekali masyarakat yang bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Kebanyakan mereka justru lebih sering memakai bahasa asing atau bahasa alay yang seharusnya tidak tepat untuk digunakan.
Dalam acara ini pihak penyelenggara menyediakan klinik bahasa dimana akan memperbaiki kosakata-kosakata yang sebenarnya masih salah dalam penulisan maupun penggunaanya.
Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat mulai saat ini bisa lebih mencintai bahasa Indonesia dan agar mereka juga bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Peserta menggunakan pakaian daerah
MINGGU, 25 Oktober 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo

Komentar