RABU, 17 AGUSTUS 2016

PURWOKERTO --- Sebanyak 150 narapidana di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Purwokerto mendapatkan remisi kemerdekaan di HUT ke-71 Republik Indonesia, tiga diantaranya dinyatakan langsung bebas.


Remisi diserahkan secara simbolik oleh Bupati Banyumas, Achmad Huesin kepada perwakilan narapidana didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Purwokerto, Bawon BC IP, SH seusai upacara Peringatan HUT kemerdekaan RI.

Bupati Banyumas, Achmad Huesin saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM mengatakan remisi merupakan instrumen yang mendorong narapidana untuk berperilaku baik selama menjalani masa pembinaan. 

“Karena remisi hanya akan diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik,”katanya.

Dijelaskan, remisi merupakan hak narapiana dan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas diri sekaligus sebagai motivasi dalam mendorong warga binaan kembali kepada keluarga. 

“Dengan kembali kepada keluarga, akan menjadikan kehidupan menjadi lebih baik," katanya.

Ia juga mengharapkan, napi yang telah bebas dan kembali kepada keluarga dan masyarakat, agar segera kembali bersosialisasi. 

“Berusahalah selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan selalu mematuhi aturan hukum yang berlaku, agar keberadaannya dapat diterima di tengah-tengah masyarakat,” Pesan Achmad Huesin

Sementara itu, Kalapas, Bawon menyebutkan, penghuni Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Purwokerto, saat ini sebanyak 335 orang terdiri 107 tahanan dan 228 narapidana. 

"Untuk tahun 2016 ini yang mendapatkan remisi umum sebanyak 150 orang,"jelasnya, Rabu (17/8/2016).
[Yusfi Wawan Sepriyadi]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: