SELASA, 16 AGUSTUS 2016

BALI ---‎ Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko saat ditemui di Pantai Kuta Bali menjelaskan, pihaknya melibatkan lebih dari 160 ribu pelajar dari SD hingga SMA dalam merayakan HUT yang ke-71 Kemerdekaan RI. Jumlah siswa tersebut diambil dari 800 sekolah yang tersebar di seluruh wilayah Kodam IX Udayana Bali mulai dari Bali hingga Nusa Tenggara. 


"Kita melibatkan banyak generasi muda mengikuti upacara bendera dengan tujuan untuk menanamkan wawasan kebangsaan ke siswa-siswi. Bahwa Indonesia ke depannya bukan hanya membutuhkan generasi hebat, tetapi tangguh dan tidak muda menyerah menghadapi berbagai persoalan kebangsaan. Kita mengajarkan nilai-nilai kebangsaan bahwa Kemerdekaan yang dirayakan saat ini tidak pernah diraih dengan mudah, tetapi diraih dengan susah payah, dengan semangat persatuan dan kesatuan," ujarnya di Kuta, Selasa (16/8/2016).

Disebutkan, di tengah arus globalisasi seperti ini, generasi muda Indonesia harus bisa tangguh, menjaga dirinya sendiri, tetap berada di jalur yang benar membela nilai-nilai kebangsaan.

Untuk acara di Pantai Kuta, menurut Pangdam, diberi judul "Bali Merah Putih". Acara tersebut melibatkan seluruh anggota TNI di Bali, mulai dari Korem, Kodim hingga Babinsa. Lebih dari 1.000 siswa-siswi SD hingga SMA, anggota Ormas, asosiasi pedagang, dan masyarakat umum lainnya terlibat secara langsung. 


Acara ini diawali dengan pengibaran bendera berukuran raksasa yakni panjang 71 meter, lebar 20 meter di Pantai Uluwatu. Sementara untuk di Pantai Kuta, dikibarkan 17 bendera besar, 8 bendera sedang, 2016 bendera kecil. Kemudian dibentangkan juga bendera sepanjang 71 meter di sepanjang Pantai Kuta, sebagai simbol HUT Kemerdekaan yang ke-71.

Pantauan di lokasi menunjukkan, Pantai Kuta dibuat macet total dengan hadirnya ribuan siswa dan anggota Ormas serta masyarakat umum lainnya. Sekalipun macet total, wisatawan yang sedang berlibur di Pantai Kuta kelihatan sangat menikmati pemandangan perayaan Bali Merah Putih tersebut. Banyak wisatawan yang bergabung dan membaur dengan siswa-siswi serta Ormas lainnya. Banyak wisatawan juga yang mengabadikan moment langkah tersebut dengan kameranya masing-masing.
[Bobby Andalan]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: