RABU, 10 AGUSTUS 2016

ACEH --- Sebanyak 192 orang jemaah yang akan berangkat menunaikan ibadah haji Kota Lhokseumawe, Aceh, di peusijuek atau tepung tawari, di Masjid Islamic Center, Rabu (10/8/2016). Jemaah asal Kota Lhokseumawe, dijadwalkan akan berangkat pada 15 Agustus mendatang.


Amatan Cendana News, proses tepung tawar dilakukan oleh sejumlah tokoh ulama dari Majelis Permusyarawatan Ulama (MPU) Kota Lhokseumawe. Kemudian penasehat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Lhokseumawe.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Tengku Nazaruddin, mengatakan, jemaah calon haji yang akan berangkat dari Lhokseumawe sebanyak 192 orang. Beberapa orang diantaranya, kata Nazaruddin, merupakan jemaah mutasi dari daerah lain.

Para jemaah, lanjutnya, akan diberangkatkan dan masuk Asrama Haji di Banda Aceh pada tanggal 14 Agustus. Kemudian, sehari setelahnya atau pada 15 Agustus para jemaah akan diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar.

Para jemaah nantinya akan dibagi dalam dua kloter. “Yang akan berangkat dengan kloter 5 pada tanggal 14 sebanyak 177 jemaah, sementara sisanya sebanyak 15 orang akan berangkat dengan kloter 8 pada tanggal 17 Agustus. Jadi ada 15 jemaah Lhokseumawe yang terpisah ke kloter lain,” katanya.

Nazarudin menambahkan, Pemerintah Kota Lhokseumawe, melalui Dinas Syariat Islam juga memberikan sejumlah fasilitas kepada para jemaah. Ia menyebutkan, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, hingga pemberian bungong jaroe (oleh-oleh, red) berupa kain sarung untuk masing-masing jemaah.(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: