KAMIS, 25 AGUSTUS 2016

SOLO --- 200 prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopasus) Grup 2  Knadang Menjangan, Kartasura, Sukohajo, Jawa Tengah, mengikuti latihan terjun penyegaran (Jungar) 2016. Latihan Junggar yang digelar selama dua hari ini Rabu-Kamis (24-25/8) di langit Desa Kragilan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo.


Dangrup 2 Kopassus Letkol (Inf) Dedi Suryadi mengatakan, sebanyak 200 prajurit yang berlatih Jungar ini berasal dari sejumlah batalyon yang berada di Kandang Menjangan. Latihan Jungar ini untuk kembali mengasah kembali kemampuan prajurit. “Setiap prajurit dapat diketahui  kemampuan selama berada di langit. Dan latihan Jungar ini juga special karena masih momentum HUT Kemerdekaan RI,” ujarnya kepada awak media, kamis siang.

Dikatakan lebih lanjut,  dalam latihan Jungar ini, Kopasus mendapat dukungan dari pesawat Hercules A-1316 milik Skuadron Udara  32 Lanud Abdul Rachman Saleh Malang. Dalam sesi latihan yang digelar siang dan malam diberangkatkan melalui Lanud Adi Soemarmo, Solo. 

“Untuk lokasi terjun sendiri menggunakan lahan pertanian di Desa Kragilan, Mojolaban, Sukoharjo,” terangnya.

Selain untuk mebasah kemampuan prajutit untuk terjun, latihan jungar ini dapat menjadi hiburan gratis bagi masyarakat yang menyaksikan  200 prajurit terjun di kawasan lahan pertanian tersebut. Selain itu, Kopasus Group 2 Kandang Menjangan juga menggelar pengobatan  gratis bagi masyarakat. 

“Kegiatan kami ini juga dihadiri pejabat terkait, seperti Bupati  dan kapolres Sukoharjo,” imbuhnya.


Ditambahkan, sebanyak 200 prajurit yang mengikuti latihan Jungar ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama terdapat lima penerbanagan, masing-masing peerbangan dengan membawa 45 prajurit. Sedangkan tahap dua terdapat dua penerbangan dengan jumlah yang hamper sama. 

“Para prajurit itu diturunkan dari ketinggian 120 fit atau 350 meter,” pungkasnya.
[Harun Alrosid]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: