SENIN, 15 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Nota Penjelasan pemekaran dan peleburan satuan kerja perangkat daerah disampaikan Walikota Balikpapan Rizal Effendi dalam Paripurna penyampaian nota penjelasan Raperda kelembagaan di ruang rapat Paripurna DPRD Balikpapan, Senin Siang (15/8/2016).

Paripurna penyampaian nota penjelasan Raperda kelembagaan di ruang rapat Paripurna Balikpapan
Dalam penjelasanya, Walikota Rizal Effendi menyampaikan rencana penambahan dinas baru yakni Dinas Sosial,  Dinas komunikasi dan Informatika dan  dinas  Pertanahan dan Penataan ruang.

Ia menyebutkan SKPD yang mengalami peleburan adalah Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman untuk urusan pengelolaan kebersihan dan menjadi tugas Dinas Lingkungan Hidup. Sedangkan urusan pengelolaan Pertamanan Pemakaman akan menjadi Dinas Perumahan dan Pemukiman.

Dijelaskan Rizal, pengelolaan pasar akan dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan dengan alasan pemetaan urusan bidang perdagangan pengelolaan pasar menjadi sub urusan dari urusan perdagangan. Sehingga Dinas Pasar yang ada sekarang akan dilebur.

"Tak hanya itu Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata juga mengalami pengurangan satu bidang yaitu bidang kebudayaan yang bergabung dengan Dinas Pendidikan. Kemudian Disnaker juga juga dimekarkan yakni Dinas sosial disendirikan dan dinas tenaga kerja menjadi tugas ketenagakerjaan namun bidang pengawasan ketenagakerjaan beralih kewenangannya di provinsi," terangnya Senin (15/8/2016).

Selain itu, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, akan menjadi dua dinas yaitu Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian,  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

"Raperda kelembagaan ini harus diselesaikan sebelum pembahasan rancangan APBD 2017," tutupnya.(Ferry Cahyanti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: