MINGGU, 21 AGUSTUS 2016

SOLO  ---  Sebanyak 471 atlit renang mengikuti lomba antar club renang se-Jawa Tengah yang digelar selama dua hari, (Sabtu-Minggu/ 20-21/8). Lomba renang antar club yang digelar di kolam renang Tirtomoyo, Manahan ini memperebutkan Piala Paswind Cup yang pertama.


Ketua Pasifik Paswind Cup 1, Nur Effendi  menjelaskan,  lomba renang antar club se Jawa Tengah ini terbagi menjadi enam kualifikasi  berdasarkan kelompok umur.  Yakni usia senior lebih dari 18 tahun, usia 16-17 tahun, usia 14-15 tahun, usia 12-13 tahun, usia 10-11 tahun dan usia 9 tahun ke bawah.

“Dari masing-miasng kelompok umur langsung kita nilai siapa juara 1.2 dan 3. Sedangkan untuk kelompok umur lainnya disesuaikan dengan pajang lintasan,” ujarnya kepada Cendana News, Minggu (21/8/2016).

Diterangkan Nur Effendi, untuk panjang lintasan berdasarkan kelompok umur itu terbagi menjadi 4 kategori. Yakni  untuk usia 9 tahun kebawah panjang intasan lomba renang adalah 50 meter, sementara untuk 10-11 dan 12-13 panjang lintasan seratus meter. 

“Untuk  usia 14-15 dan 16-17 panjang lintasan adalah 200 meter,  sedangkan untuk senior panjang lintasannya adalah  400 meter,” terangnya.

Menurutnya, sebanyak 471 atlit renang yang berlomba  selama dua hari ini diikuti 76 Club renang yang ada di Jateng.  Lomba  antar club renang ini memperebutkan piala Paswind 1. Kejuaraan yang baru pertama digelar ini untuk mempersiapkan kejuaraan renang antar Perkumpulan Seluruh Indonesia (Krapsi), yang digelar pada akhir tahun ini.

“Bagi atlit sendiri, lomba renang antar club ini dapat dijadikan sesi laihan sebeluam Krapsi maupun  PON yang akan digelar di Jawa Barat nanti,” imbuhnya.


Melalui lomba ancar club renang se Jateng, para pengurus club berharap pemerintah hadir dalam pembinaan atlit-atlit renang  yang ada. Sebab, sejauh ini peran pemerintah dalam membina dan memberikan perhatian kepada atlit renang yang berasal dari club dinilai masih minim.

“Harapan kami agar pemerintah maupun pihak ketiga yang kerjasama dengan pemerintah dapat ikut membina atlit yang ada di Club. Sebab, sejauh ini kami dari Paswin selalu  menjadi anak kedua untuk mempersiapkan lomba renang , meskipun atlit dari club ini juga banyak yang sudah maju di tingkat nasioal,” pungkasnya.
[Harun Alrosid]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: