RABU, 3 AGUSTUS 2016

SUMENEP --- Rusaknya tangkis laut di Desa Padike, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mulai mengancam rumah masyarakat setempat. Ombak besar air laut terus mengikis badan jalan yang terletak dipinggir pantai sehingga warga yang bermukim sekitar wilayah pantai itu merasa khawatir air laut sampai masuk ke rumahnya.

Pengendara sedang melintasi jalan di pinggir pantai. Tangkis ombak terlihat rusak parah dan belum mendapat sentuhan
Kerusakan tangkis laut sudah berlangsung bertahun-tahun, sampai sekarang masih belum ada perhatian serius sehingga meski kondisinya sangat memprihatinkan dan jebol, penahan air laut tersebut tak kunjung diperbaiki. Bahkan ketika ombak sedang besar warga yang melintas di jalan pinggir pantai harus lebih berhati-hati, karena hempasan ombak naik ke badan jalan.

“Rusaknya tangkis laut ini mengakibatkan abrasi, karena hempasan gelombang laut naik ke bahu jalan, akibatnya warga merasa khawatir airnya masuk ke rumah, sebab disini pada pemukiman penduduk. Tetapi sayang meski kondisinya seperti ini masih belum ada yang memperhatikan, sehingga sampai tangkis lautnya harus berantakan,” kata Syaiful Anwar (31), salah seorang warga Desa Padike, Kecamatan Talango, Rabu (3/8/2016).

Disebutkan, semakin lama tangkis laut tidak kunjung diperbaiki, kerusakan bibir pantai akibat terkena abrasi juga semakin parah, sebab tangkis laut di sepanjang bibir pantai ini merupakan pembatas jalan akses desa yang sangat ramai warga melintas. 

Mereka berharap pemerintah daerah memperhatikan secara serius terhadap rusaknya tangkis laut yang ada di desa tersebut, karena selama ini warga sudah melakukan upaya dengan memberikan penahan seadanya dengan bambu. Itupun tidak akan bertahan lama, sebab dalam waktu sebentar bambu tersebut sudah rapuh akibat terus menerus dihantam air laut.
[M. Fahrul]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: