JUMAT, 5 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Pelaksanaan crash program campak secara nasional tahun ini ditargetkan sebesar 95%. Dan kota Balikpapan sendiri dari program integrasi crash program campak, vitamin A, dan obat cacing untuk meningkatkan derajat kesehatan bayi dan anak di kota ini.


Kabid pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr Esther Vonny mengungkapkan pencanangan kegiatan integrasi crash program campak ini bertujuan melengkapi tingkat imunitas pada bayi dan anak yang belum terbentuk kekebalan tubuhnya dan menjangkau anak yang belum mendapatkan imunisasi pada pelayanan rutin imunisasi.

"Hari ini pencanangan dari program campak, vitamin A, dan obat cacing. Dan program ini dilaksanakan secara serentak. Program ini dilaksanakan sejak tanggal 1-31 Agustus," katanya disela-sela kegiatan pencanangan di depan kantor DKK Balikpapan.

Menurutnya, pemberian obat cacing memang pertama kali. Karenanya dilakukan secara integrasi atau bersama sehingga derajat kesehatan pada bayi dan anak meningkat.


"Penyakit kecacingan pada anak menyebabkan asupan gizi tidak dapat diserap secara maksimal. Dan jangka panjangnya bisa menimbulkan anemia sehingga berdampak pada adanya gangguan pertumbuhan fisik dan kecerdasan anak," terangnya, Jumat (5/8/2016).

Vonny menyebutkan jumlah sasaran crash program campak pada usia 9-59 bulan mencapai 52.923 jiwa. Sedangkan pemberian vitamin A usia 6-11 bulan sebanyak 6.923 jiwa, pemberian vitamin A 12-59 bulan sebanyak 46.516 jiwa.

Adapun jumlah sasaran untuk pemberian obat cacing usia 12-23 bulan sebanyak 12.235 jiwa dan pemberian obat cacing 24-59 bulan usia 24-59 bulan sebanyak 35.622 jiwa.

Sementara itu, disaat pencanangan kegiatan integrasi crash program campak, vitamin A dan obat cacing tersebut ratusan ibu membawa bayi dan anaknya datang ke Puskesmas untuk mendapatkan imunisasi tersebut.

"Bagi ibu yang memiliki bayi dan anak yang belum memperoleh imunisasi campak, vitamin A dan obat cacing dari program ini bisa datang ke posyandu dan Puskesmas terdekat," tambahnya. (Ferry Cahyanti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: