KAMIS, 18 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Percepatan pembangunan Waduk Teritip di kawasan Balikpapan Timur untuk pengadaan air bersih bagi masyarakat dikota ini terus dilakukan. Bahkan ditargetkan bulan Oktober tahun ini pembangunan tahap pertama akan selesai.

Sekda Pemerintah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli
Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Balikpapan Sayid MN Fadli menjelaskan pembangunan waduk Teritip tahap pertama terus dilakukan. Dan pembebasan lahan diakuinya belum sepenuhnya selesai karena dari target 300 hektar, baru 150 hektar yang dibebaskan.

"Sudah dibayar, tapi sisanya berproses terus. Harapan kita Oktober tahap pertama itu selesai pembebasan untuk borow satu, tiga dan lima. Itulah tanah yang terpenting untuk diselesaikan," tuturnya Kamis, (18/8/2016).

Sedangkan dana yang digelontorkan untuk pembebasan lahan tersebut, nilainya mencapai Rp80 miliar dari Pemerintah Pusat dan APBD Kota Balikpapan. Sementara sisanya juga dari APBD Balikpapan.

“Jadi dana itu dari Pemerintah Pusat dan APBD dan Sesuai komitmen dari Walikota bahwa sisa dari 80 miliar itu tanggung jawab pemerintah kota,” pungkasnya.

Pada kesempatan lain, Dirut PDAM Balikpapan Haidir Effendi mengungkapkan apabila Waduk Teritip ini selesai maka suplai air bersih untuk masyarakat akan lebih banyak. Karena cadangan sumber air diperbanyak.

"Apabila sumber air banyak maka pelanggan yang dilayani juga bertambah," imbuhnya.

Saat ini penambahan pelanggan baru untuk PDAM masih selektif, bahkan di semester I/2016 realisasi penambahan pelanggan baru belum sesuai target. Hal itu karena persediaan air di Waduk Manggar sebagai suplai air bersih utama masih terbatas. (Ferry Cahyanti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: