SABTU, 13 AGUSTUS 2016

PURWOKERTO --- Bandol Langgeng kios milik Septio Budi yang berada di Jl. Yosudarso Purwokerto adalah Bengkel penggolahan ban bekas menjadi aneka kerajinan yang memiliki manfaat dan nilai jual di pasaran. Bandol Langgeng kios ini bukan satu satunya pengrajin, Namun salah satunya kios yang didatangi oleh jurnalis Cendana News diantara sederetan kios pengrajin ban bekas.


"Berbagai kerajinan ban bekas yang diproduksi diantaranya barang rumah tangga seperti meja kursi, pot bunga, tempat sampah, jok sandal dan tali timba sumur dan lain lain,” ujar Budi Jum’at 12/8/2016.

“Awal usaha ini saya jalani sejak tahun 2007 dengan modal Rp300.000, untuk beli bahan baku perkilonya Rp1.800, waktu itu saya beli 1 kwintal, Kalau sekarang untuk bahan bakunya saja bervariasi dari mulai 3.000- 7.500 dengan ukuran yang berbeda beda” terang Budi.

Ia mengatakan, dalam mengembangkan usaha ini dirinya berusaha secara otodidak dengan ide kreasi sendiri tanpa mencontek orang lain, meski demikian pria berusia 49 tahun ini tidak pernah kesulitan dalam menciptakan produk. 


Awalnya Budi sebagai tukang serabutan, dengan tekad yang kuat usaha mandiri, bisa ia kembangkan, selain itu juga usahanya itu tidak susah untuk mencari bahan bakunya. 

"Caranya membuat kerajinan mudah dan sederhana yakni ban bekas awalnya dipotongi, kemudian dianyam serta disusun dan ditempelkan menggunakan paku, supaya lebih mengkilap, produk yang sudah jadi kemudian disemir," katanya.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, seperti 1 set kursi dan 3 meja seharga satu juta, dan Budi mengaku dapat pesanan dari Bupati Ir. Achmad Husein.


Lanjut Budi, Banyak juga dari instansi yang memesan, ia juga pernah terima pesanan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) itu dua truck tong sampah dengan jumlah keseluruhan 400 buah dengan harga per buahnya Rp350.000.

“Bandol Langgeng ini merupakan nama dan harapan saya pribadi yang merupakan doa agar usaha saya sebagai perajin Ban Bodol ini tetap langgeng“ harapnya.(Yusfi Wawan Sepriyadi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: