RABU, 3 AGUSTUS 2016

MALANG --- Dilatarbelakangi semakin meningkatnya penderita diabetes militus di dunia pada setiap tahunnya, bahkan Indonesia menduduki urutan ke-5, Lima orang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) melakukan inovasi produk baru berlabel HCL-Gdrink (Healthy Cherry Leaf and Ginger Drink) untuk mengurangi resiko penyakit diabetes militus.


"Produk kami ini berupa minuman sehat yang terbuat dari daun Kersen dan juga Jahe untuk mengurangi resiko penyakit diabetes militus,"jelas Mia Maya Susanti, ketua didampingi empat orang anngotanya Donik Retno Putri, Nikmatul Khoiriyah, Juwik Novitasari, Dwi Yudha Khurniawan kepada Cendana News, Rabu (3/8/2016).

Menurutnya, dipilihnya kedua bahan tersebut karena daun Kersen mengandung salah satu senyawa Flavonoid, sedangkan Jahe mengandung senyawa Gingerol yang berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Disebutkan, untuk mendapatkan bahan baku daun Kersen, Mia biasa membelinya dari para pengepul di Kediri, sedangkan Jahenya di peroleh dari pasar.
Lebih lanjut dikatakan bahwa produk minumannya tersebut berbentuk serbuk namun tidak terlalu halus yang dikemas menggunakan reusable bag atau kantong saring.

"Disini kami lebih memilih reusable bag sebagai kemasan karena lebih sehat daripada menggunakan kantong teh yang cukup berbahaya karena terdapat kandungan klorin yang dapat memicu penyakit kanker,"urainya.


Ia menuturkan sejak bulan April 2016, HCL-Gdrink sudah mulai dipasarkan melalui media sosial maupun melaui acara-acara seperti Car Free Day, peringatan hari bumi serta pekan wirausaha dan rupanya cukup mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat.

Untuk harganya, dijual Rp.7.000,- per kotak kering isi 10 bungkus dengan 1 reusable bag dan Rp.1.000,- per cup cair.

Mia mengatakan, untuk membuat minuman tersebut tidaklah terlalu sulit, cukup dengan mengeringkan daun Kersen dan Jahe yang sudah di iris-iris kemudian di haluskan dan di kemas.

"Biasanya kami produksi HCL-Gdrink setiap dua minggu sekali,"ucapnya.

Sementara itu Mia juga mengungkapkan bahwa produk minuman sehatnya tersebut akan ia bawa bersama timnya di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Tim PKM-nya terpilih bergabung di 27 tim yang akan di berangkatkan mewakili Universitas Brawijaya di ajang PIMNAS di Bogor 7-12 Agustus 2016 mendatang.
[Agus Nurchaliq]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: