SELASA, 9 AGUSTUS 2016

SOLO --- Meski belum resmi dibuka, Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HKTN) yang dimeriahkan dengan pameran alutsista milik TNI di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) sudah didatangai banyak warga. Mereka sengaja datang, meski puluhan prajurit TNI masih sibuk mempersiapkan pameran berbagai senjata yang akan dibuka pada Rabu (10/8) besok.


"Awalnya hanya ingin lihat-lihat saja, tapi ternyata senjata yang dipamerkan sudah banyak," ucap salah satu warga Solo yang tengah berfoto dengan senjata berat TNI jenis Tank, Wardi kepada Cendana News, Selasa (9/8/2016).

Pameran alutsista dengan Tema Tekno Military Festival ini menghadirkan berbagai jenis persenjataan TNI. Diantaranya Tank, Panser, Pelontar Rudal, perlengkapan aeromodelling seperti simulator radar, helikopter, rudal, dan senjata tempur udara lainnya. 

"Senang sekali, karena bisa melihat langsung berbagai senjata yang dimiliki tentara kita," papar Novita, salah satu mahasiswa yang tengah berselfi.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Soemarmo Kolonel (Nav) Agus Priyanto menambahkan,  pameran peralatan ini baru kali pertama digelar di Kampus. 

"Ini akan menjadi pameran alutsista yang luar biasa, karena dipamerkan di tengah Kampus dan disaksikan ribuan mahasiswa dan warga Solo lainnya," ungkapnya.

Tekno Military yang kerjasama dengan UNS ini juga menampilkan senjata dari instansi militer di sekitar Solo. Seperti Dari Lanud Iswahyudi Madiun, Adi Sucipto Jogjakarta, dan Akademi Angkatan Udara Jogjakarta.


Sementara dari TNI Angkatan Darat akan melibatkan sejumlah kesatuan.  Seperti Brigif 6/2 Kostrad, Grup 2 Kopassus, Yonif 400/Benteng Rider, Yonkav 2/ Tank, Yonarmed 3/105 Tarik, Yonarhanudse 15, serta Yonzipur 4/TK.

"Diharapkan pameran tersebut mampu lebih mempererat hubungan antara Mahasiswa dan TNI. Sehingga bisa menghilang stigma negatif antara Mahasiswa dan TNI," imbuhnya.
[Harun Alrosid]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: