SELASA, 16 AGUSTUS 2016

JAKARTA --- Terkait dengan adanya serangkaian kegiatan dalam rangka upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, Rabu (17/8/2016), maka aparat keamanan menutup sejumlah ruas jalan dari dan menuju kawasan Monumen Nasional (Monas) dan kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat.


Penutupan sejumlah ruas jalan di sekitar kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, tersebut akan mulai efektif diberlakukan pada Rabu pagi (16/8/2016) sejak pukul 09:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB. Sedangkan sejumlah ruas jalan yang ditutup antara Jalan Medan Merdeka Utara dan Barat, Jalan Silang Monas dan Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Terkait hal tersebut, maka pihak manajemen PT. Trans Jakarta yang selama ini bertanggung jawab mengoperasikan layanan Bus Trans Jakarta memutuskan untuk mengalihkan sementara rute Bus Trans Jakarta yang melalui kawasan Monas dan Istana Negara. Namun pengalihan rute Bus Trans Jakarta  tersebut sifatnya hanya sementara atau situasional tergantung perkembangan di lapangan.

Prasetya Budi, Kepala Humas PT. Trans Jakarta dalam siaran pers secara tertulis yang diterima wartawan mengatakan "terkait dengan adanya kegiatan upacara peringatan HUT RI ke 71 di Istana Negara selama kurang lebih sekitar 2 jam, maka pihak manajemen PT. Trans Jakarta memutuskan untuk mengalihkan beberapa jurusan/koridor Bus Trans Jakarta, terutama yang melewati sekitar kawasan Monas dan Istana Negara, Jakarta Pusat" katanya, Selasa siang (16/8/2016) di Jakarta.

Berikut ini adalah rute pengalihan jalur lalu lintas Bus Trans Jakarta yang dirilis PT. Trans Jakarta :

1. Koridor 1, dari arah Blok M tujuan Kota, setelah Halte Bank Indonesia sesampainya di perempatan Patung Kuda Arjuna Wiwaha akan dibelokkan ke kiri melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majaahit dan Halte Harmoni kemudian ke arah Kota.

2. Koridor 1, dari arah Kota setelah Halte Harmoni akan dibelokkan ke kiri  menuju Halte Pecenongan-Halte Juanda-Halte Pasar Baru-Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-Jalan Medan Merdeka Selatan-Halte Bank Indonesia kemudian ke arah Blok M.

3. Bus Gratis rute Harmoni-Bundaran Senayan atau sebaliknya untuk sementara waktu akan diperpendek jangkauannya, yaitu berangkat dari Bundaran Senayan dan langsung putar balik di perempatan Patung Kuda Arjuna Wiwaha kembali menuju Bundaran Senayan, begitu juga sebaliknya.

4. Sementara itu, khusus untuk layanan Bus Tingkat Gratis rute Masjid Istiqlal-Bundaran Senayan atau sebaliknya maupun rute Masjid Istiqlal-Kota atau sebaliknya baru akan beroperasi diatas pukul 12:00 WIB.

Dengan adanya pengalihan sementara rute perjalanan Bus Trans Jakarta mulai koridor 1 hingga koridor selanjutnya, tercatat ada 3 halte yang untuk sementara waktu tidak dapat disinggahi layanan Bus Trans Jakarta. Masing-masing diantaranya adalah Halte Monumen Nasional (Monas), Halte Balai Kota dan Halte Gambir 2.(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: