JUMAT, 26 AGUSTUS 2016

SINTANG ---  Brigade Infanteri (Brigif) 19/Khatulistiwa kini tengah mempersiapkan pasukan satuan setingkat kompi. Hal itu bertujuan untuk melaksanakan latihan bersama dengan Tentara Diraja Malaysia (TDRM).


Demikian dikatakan Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 19/Khatulistiwa Letnan Kolonel Infanteri Ibnu Jawardi. Dikatakan, pihaknya saat ini menyiapkan pasukan satuan setingkat Kompi yang akan melaksanakan Latihan bersama TNI Aangkatan Darat dengan Tentra Diraja Malaysia.

Disebutkan, sebagai pengarah latihan dibantu para Perwira staf dan jajarannya sebagai tim penyelenggara latihan dan pendukung latihan diambil dari Satuan Badan pelaksana Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura.


“Tidak hanya mempersiapkan personel. Namun mempersiapkan materiil, kendaraan dan dukungan-dukungan lainnya demi kelancaran latihan bersama ini,” ujarnya, Jumat, 26 Agustus 2016.

Dijelaskan, pasukan setingkat kompi ini yang disiapkan berasal dari Batalyon-batalyon infanteri yang ada di Kalimantan Barat.

“Mereka diambil sesuai kemampuannya dan digabung dalam satu induk pasukan. Pasukan ini dipersiapkan di Batalyon 642/Kps ini bersama dengan pendukung dan tim penyelenggara,” tegasnya


Ia menuturkan, sebelum diberangkatkan pasukan akan melewati tahap pemeriksaan diantaranya pemeriksaan kesehatan, personel, materiil dan pelatihan khusus yang akan diberikan sebagai bekal mereka saat latihan bersama.

“Nantinya pasukan ini akan diberangkatkan menuju Kuching, Malaysia. Tujuannya untuk melaksanakan latihan bersama yang sudah rutin diselenggarakan setiap tahun. Ini sebagai wujud terjalinnya hubungan militer yang baik dengan negara tetangga khususnya Malaysia yang langsung berbatasan dengan Kalimantan,” tegasnya.

Ia menambahkan, untuk tahun 2016 ini Malaysia mendapat giliran menjadi tuan rumah latihan bersama ini.
(Aceng Mukaram)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: