RABU, 17 AGUSTUS 2016

MALANG --- Jika pada umumnya upacara diselenggarakan di tempat yang lapang, namun tidak kali ini. Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang diadakan oleh para budayawan ini justru digelar salah satu mall di kota Malang.


Bertempat di lantai tiga MX mall yang berada di jalan Veteran kota Malang, puluhan budayawan dengan selempang berwarna merah putih nampak khidmat mengikuti jalannya upacara HUT RI ke-71. Bertindak sebagai Inspektur upacara, Raden Prasena Cakra Adiningrat yang juga merupakan ketua paguyuban Aji Saka Malang.

Menurutnya, penyelenggaraan upacara kali ini sebagai bukti bahwa para budayawan juga bisa memperingati dan menghargai jasa pahlawan.

"Momen ini tentunya sangat membanggakan karena kita akan buktikan kepada dunia dan juga masyarakat luas bahwa para budayawan penjaga budaya ini juga bisa memperingati dan menghargai jasa pahlawan. Semangat dari para pejuang dalam memerdekakan Indonesia juga akan kita lanjutkan,"ujarnya, Rabu (17/8/2016).

Disebutkan, 71 tahun yang lalu para pejuang berhasil memerdekakan, menyatakan proklamasi dan membebaskan bangsa Indonesia dari penjajah. Selanjutnya, generasi penerus yang berada di dalam ranah budaya akan berusaha memerdekakan bangsa Indonesia dari jajahan budaya asing.

"Kita nanti semuanya akan membangkitkan dan menggelorakan lagi tradisi dan budaya Nusantara. Kita harus bangga dengan budaya sendiri, bukan justru bangga dengan budaya asing," ujarnya dengan semangat.

Menurutnya, budaya Indonesia adalah budaya yang agung. Selain merdeka secara negara, seharusnya bangsa Indonesia juga bisa memerdekakan diri dari jajahan budaya asing.

"Mari kita bersama-sama membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan budaya asing karena disini kita semuanya adalah penjaga budaya bangsa Indonesia,"pungkasnya.


Sementara itu dari pantauan Cendana News, upacara yang di mulai sekitar pukul 13.30 WIB ini rupanya juga cukup menarik perhatian para pengunjung mall. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang mengabadikan momen tersebut bahkan turut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Padamu Negeri. Meski upacara dilaksanakan secara sederhana namun berlangsung khidmat.
[Agus Nurchaliq]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: