SENIN, 22 AGUSTUS 2016

BANYUMAS --- Kegiatan Festival Dermaji berlangsung meriah, berbagai kegiatan mulai dari seminar budaya ekonomi dan teknologi informasi, festival kambing, festival dongeng, festival tumpeng dan kuliner khas Dermaji, dan pentas tari kolosal “Dermaji Gumregah” melibatkan ribuan orang. Festival Dermaji 2016 dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu 20-21 Agustus 2016 di Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas Sabtu kemarin 20/8/2016.


Festival besar yang melibatkan partisipasi masyarakat dan juga merupakan inisiatif dari Kepala Desa Dermaji tersebut mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Bupati Banyumas Achmad Husein.

“Acara besar yang melibatkan partisipasi masyarakat setempat memperlihatkan kegotongroyongan masyarakat dan inisiatif dari Kepala Desa yang mumpuni” kata Bupati dalam sambutan pembukaannya.

Bupati berharap agar kegiatan semacam ini dapat ditiru oleh Pemerintah Desa yang lain. dan potensi yang ada di desa agar dapat dikembangkan dan akan menjadi nilai ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.


“Festival Dermaji ini mampu mendorong masyarakat dan membangkitkan memotivasi untuk membangun, serta membuat Dermaji semakin semangat berkarya baik di bidang ekonomi, budaya dan sebagainya,” ungkap Banyu Nugroho selaku Kades Dermaji.

Bahwa sarana pemerintah desa untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk semakin giat berkarya, serta menjaga dan meningkatkan semangat kegotongroyongan masyarakat. 

“Kedepan, festival ini akan menjadi bagian dari salah satu wisata budaya dan pendidikan yang bisa dinikmati banyak orang. Apalagi selain potensi peternakan kambing, di Dermaji juga berkembang pertanian lada perdu, Museum Desa Naladipa dan pemanfaatan teknologi informasi untuk kemajuan masyarakat desa,” pungkasnya.

Ribuan pengunjung membanjiri acara festival tersebut dari berbagai daerah Banyumas, Cilacap, Ciamis, Banten, akademisi, penggerak desa dan teknologi informasi serta pejabat dari lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).(Yusfi Wawan Sepriyadi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: