RABU, 10 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Daftar tunggu jemaah calon haji (JCH) asal Balikpapan yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah hingga kini mencapai 9.467. Daftar tunggu itu akan berangkat hingga 2039 mendatang.


Menurut Plt Kemenag Balikpapan, Alfi Taufiq, dari 398 calon haji (Calhaj) Balikpapan yang diberangkatkan tahun ini merupakan mereka yang sudah mendaftar sejak 2009 silam.

"Kalau mendaftar tahun ini berangkatnya tujuh tahun mendatang. Dan yang berangkat tahun ini sudah mendaftar sejak tahun 2009 lalu. Memang lama karena kuota yang diperoleh Balikpapan setiap tahun segitu," tuturnya setelah pelepasan Calhaj Balikpapan, Rabu (10/8/2016).

Ia menyebutkan, jumlah kuota jemaah haji tahun ini berkurang 20 persen dari tahun sebelumnya. Jika pada 2015 tahun lalu jemaah haji Balikpapan berjumlah 498 jemaah, dan tahun ini hanya 398 jemaah.

"Adanya pengurangan kuota jemaah haji itu merupakan kebijakan pemerintah pusat yang memang pemerintah Arab Saudi masih memberlakukan pengurangan jatah," ujar Alfi.

Sementara itu, sebanyak 396 jemaah calhaj Balikpapan siap diberangkatkan ke tanah suci Mekkah. Mereka diberangkatkan dalam dua kloter yakni kloter tiga dengan jumlah jemaah sebanyak 351 orang atau jemaah penuh dan kloter 12 sebanyak 45 calon jemaah yang bergabung dengan kloter di beberapa kabupaten/kota di Kaltim.
[Ferry Cahyanti]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: