KAMIS, 4 AGUSTUS 2016

JAYAPURA --- Delapan Duta Besar menyatakan siap menghadiri pagelaran Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) ke-27 yang akan diselenggaran 8 hingga 11 Agustus 2016. Festival ini akan terpusat di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya.


“Ada sekitar 8 Dubes yang akan datang, mereka menyatakan dari pertama hingga terakhir mereka akan ikut menyaksikan FBLB karena menurut mereka itu adalah sesuatu yang sangat menarik,” kata Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo, Kamis (4/8).

Ada yang menarik dalam festival kali ini, lanjut Wetipo, ada beberapa duta besar akan membawa sejumlah tim tarinya untuk dikolaborasikan dengan tim tari daerah Wamenan, Jayawijaya. 

“Saya rasa ini sesuatu yang menarik. Festival ini sudah yang ke 27 dan kami sudah bekerja secara maksimal untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Coba bayangkan tarian India dikolaborasikan dengan tarian Papua,” ujarnya.

Sampai saat ini persiapan sudah mendekati final, menurutnya, penginapan disana juga telah full lantaran sudah di booking sejak lima bulan lalu. 

“Kalau untuk penginapan sudah full karena sudah di booking dari lima bulan lalu. Mudah-mudahan tak ada halangan dan pemerintah sudah sangat siap untuk menyelenggarakan fersival ini,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi lonjaknya pengunjung festival, pihak Pemerintah Kabupaten Jayawijaya telah meminta ditambahkannya jam penerbangan yang sebelumnya hanya empat kini menjadi lima penerbangan setiap hari menjelang pelaksanaan festival.

“Kami sudah antisipasi untuk tidak boleh ada calo-calo karena system pembelian tiket sekarang sudah online, yang kami takutkan adalah calo-calo tersebut mengambil tiket dan menjualnya di luar. Kami juga meminta ekstra flight mengantisipasi lonjakan penumpang,” katanya.

Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) ke-26 tahun 2015 tahun lalu diselenggarakan di Kampung Wosi, Distrik Usilimo, Kabupaten Jayawijaya tak dihadiri kementerian pariwisata dan kebudayaan. 
[Indrayadi T Hatta]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: