SABTU, 13 AGUSTUS 2016

PONTIANAK --- Kebakaran lahan gambut terus terjadi di Kaliman‎tan Barat, salah satunya di Kecamatan Pontianak Selatan Kota Pontianak. Bahkan diduga lahan gambut sengaja dibakar. Lahan seluas satu hektar ini diperuntukkan untuk lahan pertanian. Seperti yang disebutkan oleh warga setempat.


"Lahan gambut terbakar ini memang sengaja dibakar. Kita di sini sudah melapor ke pemerintah, belum ada tanggapan," ujar warga, Yidi  Hardi kepada Media, Sabtu (13/8/2016).

Dikatakan, akibat dibakarnya lahan gambut itu menyebabkan, di area sekitar tertutup asap pekat. Hingga akhirnya, banyak warga mengeluhkan sakit tenggorokan dan mual-mual pusing.

"Saya juga ini sakit radang tenggorokan. Tadi pagi saya ke puskesmas cek kesehatan. Anak saya mual pusing," ucapnya.

Sementara itu, warga kedapatan membakar lahan gambut yang‎ enggan namanya disebutkan, menuturkan, terpaksa membakar lahan gambut karena disuruh atasan.

"Ini lahan punya atasan saya. Saya hanya disuruh saja. Karena kan saya dibayar uang kan," ucapnya.

Ia berdalih membakar lahan gambut tidak merugikan. Karena, lahan yang dibakar untuk lahan pertanian.

"Inikan hanya satu hektar. Tidak banyak. Kenapa juga dipermasalahkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat, TTA Nyarong menyampaikan, pihaknya akan menindak tegas yang membakar lahan.

Bahkan, diirinya mengancam akan mempidanakan jika terbukti membakar lahan gambut dan hutan. Ia berjanji akan menyilidiki dan turun lapangan mengecek kebenaran informasi lahan gambut dibakar.
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: