JUMAT, 5 AGUSTUS 2016

PONTIANAK --- Lahan gambut di Kalimantan Barat kembali terbakar. Luas lahan gambut itu berukuran 45x100 meter terletak di Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak.


Jainur (32), warga setempat mengatakan, lahan gambut ini diduga sengaja dibakar. Sebab, lahan tersebut nantinya akan dibuat pengembangan perumahan.

“Bakar lahan gambut ini membuat warga di sini susah. Sesak napas. Anak saya saja sakit akibat asap kebakaran lahan gambut,” ujar Jainur Jumat (5/8/2016).

Dikatakan, minimnya peralatan di lokasi kebakaran juga diduga penyebab api mudah menjalar ke lahan gambut lainnya. 

Dengan alat seadanya berupa ember, warga setempat bahu membahu memadamkan api. Itu dilakukan demi memadamkan api supaya kebakaran tidak meluas lagi ke lahan gambut lainnya.

“Kalau dibiarkan terus, bisa ratusan hektar terbakar. Makanya kita inisiatif saja memadamkan api dengan alat seadanya,” ucapnya.

Warga setempat sudah melapor adanya kebakaran lahan gambut ke pemerintah setempat. Sejurus kemudian, mobil pemadam kebakaran swasta dan pemerintah berdatangan ke lokasi kejadian.

“Agak lama datangnya pemadam ke lokasi. Di lokasi susah air juga. Jalan rusak,” ujarnaya.


Ia berharap, pemerintah tanggap menghadapi bencana kebakaran yang selau terjadi setiap tahunnya di Kalimantan Barat. mengingat, kebakaran lahan gambut memang rawan terjadi di wilayah ini.

“Api susah dipadamkan. Karenakan ini lahan gambut. Perlu terus menerus memadamkannya. Jadi, ya memang sekali saja memadamkannya,” tuturnya.

Dijelaskan, memang selama ini selalu bergotong royong jika ada kebakaran lahan gambut di sana. Hal itu terus dilakukan guna membantu masyarakat yang membutuhkan. Kuat budaya gotong dan koordinasi sesama warga memang sudah lama dilakukan. 
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: