SELASA, 30 AGUSTUS 2016

BANDUNG --- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 10 juta orang dan wisatawan nusantara sekitar 60 juta orang per tahunnya. Kepala Disparbud Jabar, Ida Hernida optimis target tersebut terwujud di akhir 2016.


"Kita yakin hal itu akan tercapai tahun ini. Bahkan, tahun depan jumlah kunjungan akan semakin meningkat," kata Ida di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (30/8).

Disampaikan, target tersebut memang tak sebanyak daerah lainnya di Indonesia, seperti Bali yang notabene selalu favorit untuk dikunjungi. Namun dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan seperti Festival Geopark Ciletuh yang digelar pada 27 hingga 28 Agustus 2016 di Pantai Batu Namprak, Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi tersebut menyedot banyak wisatawan. 

"Bahkan kunjungan wisatawan naik 40 persen dari hari-hari biasa,"sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga saat ini akan mengembangkan rumah makan terapung. Walaupun, selama ini pihaknya menemukan dikelola pihak swasta. Dikatakan, pihaknya akan mempelajari upaya peningkatan ekonomi masyarakat sekitar di bidang pariwisata. Kata dia, di sektor pariwisata cukup besar untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Asalkan, setiap daerah tahu bagaimana memanfaatkannya.

"Kita akan coba terapkan di beberapa daerah Jawa barat. Seperti pantai dan sungai. Ini bisa menjadi daya jual Jawa Barat," pungkasnya.
[Rianto Nudiansyah]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: