RABU, 17 AGUSTUS 2016

LHOKSEUMAWE --- Tidak hanya dimeriahkan oleh masyarakat, dua ekor gajah gajah jinak di Aceh Utara, juga ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Kedua gajah yang didatangkan dari Conservation Response Unit (CRU) Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara tersebut ikut serta dalam acara karnaval, Selasa (16/8/2016).


Camat Kecamatan Cot Girek, Usman mengatakan, karnaval tersebut meruoakan karnaval pertama yang dilaksanakan di kecamatan yang berada di daerah pelosok tersebut. Pihaknya sengaja mendatangkan gajah untuk menghibur warga dan memeriahkan HUT RI ke 71.

“Kedua gajah itu sangat lucu, namanya Marni dan Meulu, kedua ekor gajah tersebut sengaja kita hadirkan untuk menghibur warga. Warga terlihat cukup antusias, senang dan sangat gembira menyaksikan karnaval perdana tesebut,” ujar Usman, Rabu (17/8/2016).

Ia melanjutkan, selama ini kedua ekor gajah tersebut, Marni dan Meulu, bertugas dalam tim penanggulangan mitigasi konflik gajah liar dengan manusia. Dimana katanya, konflik antar gajah liar dan manusia kerap terjadi di daerah pedalaman di Aceh Utara, salah satunya Kecamatan Cot Girek.

Selain untuk menghibur, Usman berharap, dengan menghadirkan gajah tersebut bisa berdampak pada pengurangan konflik gajah dan manusia.

“Kita berharap dengan menghadirkan gajah pada karnaval tersebut, manusia bisa meihat gajah sebagai salah satu hewan yang baik, dan bisa lebih menyayangi gajah, jadi lewat karnaval ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi konflik manusia dengan gajah,” pungkas Usman.
[Zulfikar Husein]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: