RABU, 10 AGUSTUS 2016

KAPUAS HULU --- Warga desa di perbatasan RI-Malaysia menyadari kepemilikan senjata api tidak diperbolehkan. Selain membahayakan bagi keselamatan juga tidak diperbolehkan menurut Undang-Undang.


Seperti dituturkan Komandan Satuan Pengamanan Perbatasan (Dansatgas Pamtas) Yonif 312/Kala Hitam Letnan Kolonel Infanteri Yusuf Rizal, melalui Perwira Seksi Intelijen (Pasinintel) Satgas Kapten Inf Wiwin Hariandra. Jajarannya di perbatasan, tak henti-hentinya alias tak bosan mengunjungi warga perbatasan.

Itu dimaksudkan supaya tahu kodisi warga perbatasan. Baik kesehatan maupun keselamatan. Maka berbagai cara pun dilakukan tentara di perbatasan. Salah satunya, adalah melalui komunikasi sosial yang baik.

“Adapun senjata tersebut diterima Satgas karena peran Prajurit Satgas yang banyak membantu masyarakat di sekitar pos daerah penugasan di perbatasan,” jelasnya.

Dijelaskan, Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam telah menerima penyerahan sebanyak enam pucuk senjata api dari masyarakat desa di Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu, atau tepatnya di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

“Anggota Pos Langau Kopda Agus Setia Permana beserta dua orang melaksanakan penyerahan piagam penghargaan ke Yonas Yohanes Ukit warga Desa Sungai Antu Kecamatan Puring Kencana. Karena yang bersangkutan telah bekerja sama dan ikut dalam berpartisipasi menyerahkan senjata api rakitan laras panjang jenis penabur secara sukarela kepada Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam,” ucapnya.

Ia melanjutkan, masyarakat yang menyerahkan senjata mengatakan bahwa senjata tersebut sudah lama dimiliki hanya untuk berburu dan dulu tidak tahu kalau menyimpan senjata api itu dilarang dan perbuatan melawan hukum.

“Sekarang sudah tahu dan takut tentang keberadaan senjata tersebut. Dansatgas melalui Pasiintel memberikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang dengan kesadaran sendiri menyerahkan senjata kepada satgas, dan langkah yang diambil masyarakat sudah tepat dengan menyerahkan senjata api kepada Satgas,”sebutnya.
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: