SABTU, 6 AGUSTUS 2016

BANYUMAS --- Dalam rangka menyambut HUT ke 71 RI, Pemerintah Kabupaten Banyumas menggelar festival lomba karawitan Gendhing-Gendhing Banyumasan Bupati Cup untuk SMP dan SMA/SMK Se Kabupaten Banyumas. 


Kegiatan tersebut diikuti oleh oleh 29 peserta terdiri dari 19 SMP dan 10 SMA /SMK masing-masing group terdiri dari 25 orang yaitu 15 pengrawit, 1 Pesinden,7 penggerong dan 2 pembina dan akan diambil juara I, II, III harapan I, II, dan III serta pesinden dan pengendang terbaik.

Munthorihin, Kepala Diporabudpar mengatakan, dalam festival lomba karawitan Gendhing-Gendhing Banyumasan Bupati Cup tersebut masing-masing juara akan mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan, untuk juara I Rp. 1.500.000,- juara II Rp. 1.000.000,- Juara III Rp. 750.000,- .

"Sedangankan untuk pesinden dan pengendang terbaik masing-masing mendapatkan Rp. 700.000,-" jelasnya, Sabtu (6/8/2016).

Disebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap seni budaya daerah, menumbuhkembangkan budaya kerjasama antar siswa dan siswi dalam menggarap gending-gending Banyumasan dan meningkatkan apresiasi para siswa terhadap kesenian yang ada disekitar khususnya seni karawitan.

“Kita sudah menyiapkan materi wajib dan materi pilihan, untuk SMP materi wajib eling-eling Banyumasan, materi pilihan lancararan Warungdoyong, Unthuluwuk dan Lambangsari Kenyol sedangkan untuk SMA/SMK materi wajib lancaran Pacul Gowang laras lendro dan pilihan lancaran gudril, lancaran warungdoyong dan lancaran eling-eling Banyumasan,"pungkasnya.
[Yusfi Wawan Sepriyadi]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: