SABTU, 13 AGUSTUS 2016

LAMPUNG --- Gali potensi dan salurkan hobi positif dalam ajang olahraga balap motor di Kabupaten Lampung Selatan sirkuit Guardian di Desa Kayu Ubi Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan menggelar ajang kejuaraan grasstrack berbagai kelas. Kejuaraan super grasstrack yang digelar melibatkan para pembalap dari berbagai wilayah Provinsi Lampung ini digelar di Guardian Kayubi Park bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Lampung.


Menurut penanggungjawab iven balap akbar Grasstrack Se-Provinsi Lampung, Nivolin CH para pecinta motor offroad tersebut telah mulai mendaftar jauh hari sebelum hari pelaksanaan yang akan digelar selama dua hari Sabtu dan Minggu (13-14/8/2016) dengan para pendaftar sudah mencapai 200 lebih peserta dari beberapa Kabupaten di Provinsi Lampung. Peserta iven grasstrack Guardian Kayuubi yang  berlokasi di Jl. M Idris H. Usman No. 10 Kayubi, Belambangan (Simpang Palas) menurut Nivolin didominasi oleh pebalap lokal dari Kabupaten Lampung Selatan diantaranya dari Kecamatan Penengahan,

Kecamatan Palas, Kecamatan Bakauheni sementara dari kabupaten lain diantaranya dari Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Lampung Timur,Kabupaten Tulangbawang Barat serta beberapa wilayah lain.


“Berdasarkan catatan panitia antusiasme peserta terlihat cukup banyak terutama pebalap lokal karena selama ini belum ada sirkuit lokal yang bisa menjadi lokasi untuk pebalap berkompetisi dan sirkuit Guardian memfasilitasi para pebalap sekaligus ajang asah kemampuan baik tim maupun pebalap perseorangan,” terang Nivolin CH saat dikonfirmasi Cendana News di lokasi sirkuit Grasstrack Kayu Ubi Kecamatan Penengahan, Sabtu (13/8/2016)

Ia menambahkan upaya untuk memberi ruang pebalap agar dapat menyalurkan bakatnya lewat iven kejuaraan grasstrack Guardian Kayu Ubi Park 2016 tersebut selain akan memperoleh piagam penghargaan, trophy, panitia juga akan mengganjar pebalap berprestasi dengan total hadiah mencapai 50 juta rupiah. Hadiah yang disiapkan panitia tersebut menurut Nivolin CH merupakan bentuk uang pembinaan yang disiapkan oleh panitia bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Lampung serta pihak sponsor yang terlibat dalam kegiatan olahraga motor tersebut diantaranya para klub motor serta pemerhati olahraga motor.


Kejuaraan grasstrack menurut Nivolin yang juga mantan anggota DPRD Lampung Selatan tersebut dimaksudkan untuk memberi ruang bagi para pemuda serta remaja yang hobi dengan olahraga balap motor sebab selama ini banyak aksi kebut kebutan mengambil lokasi di jalan raya dan membahayakan pengguna jalan raya. Penyiapan sirkuit dengan konsep arena balap meliputi trek lurus, bergelombang, tikungan dan kontur tanah merah dengan sistem kompetisi diharapkan akan memberi kesempatan kepada penghobi balap untuk menunjukkan kemampuannya secara profesional. Langkah tersebut dilakukan dengan menerapkan standar keamanan tinggi kepada peserta dengan menggunakan pelindung tubuh mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala serta alat alat keselamatan dalam berkendara.

Sementara itu panitia iven kejuaraan grasstrack di sirkuit Guardian Kayu Ubi, Alan Robby, pelaksanaan kejuaraan balap motor tersebut akan memperlombakan beberapa kelas diantaranya:

1.   Bebek Standar Pemula
2.   Campuran s/d 135cc Pemula Lampung Selatan
3.   Bebek Modifikasi 2T Senior
4.   Bebek Modifikasi 4T Senior
5.   Bebek Modifikasi 2T+4T Junior
6.   FFA 250cc Pemula
7.   FFA 250cc Senior
8.   FFA 250cc Junior
9.   Anak-anak U16 Open
10. Adventure s/d 250cc Open Non Pembalap

Alan Robby mengungkapkan sebelum ajang kompetisi digelar pada Sabtu ini para peserta sebelumnya telah menggelar latihan bersama menjelang kejuaraan grasstrack. Latihan bersama yang sekaligus memberi kesempatan pada peserta menjajal medan sirkuit yang akan dijadikan lokasi pada Kamis (11/8) lalu, Para peserta sebagian besar telah menjajal sirkuit menggunakan kendaraan roda dua berbagai jenis diantaranya motor modifikasi serta motor standar yang telah diuji kemampuannya dalam berbagai medan sulit.

Sementara itu bagi peserta grasstrack baik tim maupun perseorangan dapat melakukan  registrasi peserta grasstrack untuk pengambilan nomor start dan skrut serta pertemuan tekhnis pelaksanaan sebelum acara dimulai. Antusias peserta mengikuti ajang tersebut terlihat dengan adanya  beberapa peserta bahkan sebagian telah melakukan pendaftaran sebelum hari pelaksanaan.


“Pelaksanaan kejuaraan grasstrack pada hari ini akan dimulai dengan perlombaan babak penyisihan dan dilanjutkan babak final esok hari” ungkap Alan Robby.

Saat babak penyisihan sekaligus pembukaan,menurut Alan Robby,kejuaraan grasstrack akan dibuka oleh ketua IMI Lampung, Rycko Menoza. Sementara final kejuaraan grasstrack pada hari Minggu (14/8) sekaligus merupakan pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang.

Salah seorang peserta ajang balapan dari Kecamatan Penengahan, Ardiansah, mengaku mengikuti kejuaraan tersebut pertama kalinya sebab selama ini ia mengakui belum ada sirkuit yang bisa mendukung hobinya dalam olahraga balap motor tersebut. Ia yang memiliki motor di kelas bebek standar pemula selama ini hanya mengembangkan hobinya di jalan raya dan belum pernah mengikuti kejuaraan di sirkuit.

“Saya baru pertama ikut ajang seperti ini dan kemarin sudah menjajal sirkuitnya lumayanlah buat memacu adrenalin dan mengembangkan hobi saya” ungkap Ardiansah yang masih duduk di bangku sekolah Menengah Atas (SMA) tersebut.

Pantauan media Cendana News sejumlah pebalap dari berbagai wilayah telah datang sejak pagi dan mulai menjajal ulang sirkuit yang masih berupa tanah merah tersebut. Beberapa peserta yang menjajal sirkuit dari garis start hingga garis finish diantaranya menggunakan berbagai jenis kendaraan roda dua berdasarkan kelas yang diikuti. Sirkuit yang masih baru dan satu satunya di Lampung Selatan tersebut juga dipadati oleh penonton yang berniat menyaksikan kejuaraan grasstrack pertama di Kecamatan Penengahan tersebut.(Henk Widi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: