KAMIS, 4 AGUSTUS 2016

MAUMERE --- Gelombang pasang yang terjadi di bibir pantai selatan dusun Ililewa desa Watutedang kecamatan Lela kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (3/8/2016) sekitar pukul 09.00 WITA menyebabkan belasan rumah warga mengalami kerusakan, lima diantaranya rusak parah.


Camat Lela, Rikardus Piterson juga menyebutkan, 3 rumah di RT 04 RW 02 dan 6 rumah yang berada di RT 05 RW 03 serta 2 rumah di RT 009  RW 05 mengalami kerusakan yang cukup parah dengan rata-rata kerugian mencapai 50 juta per rumah.

“Kerugian materi masing- masing rumah di perkirakan sekitar 50 juta rupiah,” tegasnya saat ditemui Cendana News di lokasi kejadian, Kamis (4/8/2016) siang.

Disebutkan, warga juga telah berusaha menyelamatkan barang-barang berharga dan dirvakuasi ke rumah keluarga.

Dikatakannya, bencana tersebut sudah mendapat perhatian dari BPBD kabupaten Sikka dan Kabid Kedaruratan dan Logistik Drs.Bakri Kari telah bertemu dengan pemilik rumah dan kepala desa Watutedang Yuvinud Reko.

Camat Lela juga menambahkan bahwa warga sekitar tempat abrasi ini harus di evakuasi dan semua tempat yang terkena abrasi akan direlokasi karena cuaca laut di pantai selatan Lela khususnya desa Watutedang dusun Ililewa tidak bisa diprediksi.

“Warga diminta untuk selalu wapada. Kami juga sudah sampaikan agar warga jangan membangun lagi di lokasi yang ada sekarang,” ungkapnya.

Langkah nyata yang diambil pemerintah dalam membantu warga yakni dengan membantu bahan bangunan untuk masyarakat yang mau pindah ke lokasi yang lebih aman.
[Ebed De Rosary]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: