SENIN, 15 AGUSTUS 2016

JAKARTA --- Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat dalam jumpa persnya menjelaskan bahwa penurunan nilai ekspor Indonesia pada bulan Juli 2016 ternyata juga diikuti dengan penurunan nilai impor Indonesia pada bulan yang sama, yaitu tercatat sebesar 8,92 miliar US Dolar (USD) atau mengalami penurunan sebesar 26,28 % jika dibandingkan dengan impor Indonesia pada bulan Juni 2016 sebelumnya.


Demikian pernyataan resmi perkembangan ekspor dan impor Indonesia dari Drs. Suryamin, Kepala BPS Pusat, dalam acara jumpa pers dengan media cetak maupun media elektronik terkait dengan kegiatan perkembangan ekspor dan impor Indonesia yang acara rutin diadakan pada setiap pertengahan bulan di Kantor BPS Pusat, Jalan Dr. Soetomo, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2016).

"Menurunnya nilai ekspor Indonesia sepanjang bulan Juli 2016 rupanya juga diikuti dengan turunnya nilai impor Indonesia pada bulan yang sama jika dibandingkan nilai impor Indonesia pada bulan Juni 2016 sebelumnya, faktor penyebabnya hampir sama, salah satunya karena dipengaruhi adanya libur panjang Hari Raya Idul Fitri pada minggu pertama bulan Juli 2016 selama 1 kurang lebih 1 minggu lamanya" kata Drs. Suryamin, Kepala BPS Pusat di kantornya, Senin (15/8/2016).


Menurut Suryamin, bisa dikatakan pada setiap menjelang datangnya Hari Raya Lebaran Idul Fitri, hampir semua perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dan impor cenderung meliburkan karyawannya selama 1 minggu dan menghentikan sementara kegiatannya, sehingga mengakibatkan penurunan nilai ekspor maupun impor Indonesia pada bulan Juli 2016.

Menurut data dan keterangan resmi dari BPS Pusat, bisa dikatakan secara akumulatif sebenarnya Rata-rata nilai ekspor dan impor Indonesia dari tahun ke tahun cenderung mengalami kenaikan yang signifikan. Hal tersebut dipengaruhi seiring terus membaiknya kondisi perekonomian dunia secara global, setelah sebelumnya sempat dihantam krisis ekonomi dan finansial pada tahun 2008-2009.(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: