SENIN, 8 AGUSTUS 2016

MAUMERE --- Pengerjaan jalur dari Wolowiro menuju Nuaria direncanakan selesai dikerjakan tahun 2016. Pengerjaan sudah lama diminta masyarakat dan wisatawan yang akan menuju kubur batu megalitik Nuabari.


Pembangunan jalan sebelumnya pernah dilakukan akhir tahun 2015 namun oleh kontraktor belum selesai dan terkesan asal jadi. Pengerjaan jalan rabat Wolowiro-Nuabari di Desa Lenandareta, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka sejauh 1 kilometer ini pun bermasalah.

Kualitas jalan ini sempat dipertanyakan Hendrik Weki salah seorang tokoh masyarakat Nuabari kepada rekan media akhir Maret 2016. Menurut Hendrik, jalan dikerjakan asal jadi. Selain itu, proyek tahun tunggal pada tahun anggaran 2015 dikerjakan sampai 26 Februari.

“Sekalipun demikian, kualitas pengejaan jalan sepanjang satu kilometer tersebut sudah kembali rusak sebelum digunakan oleh masyarakat,” ujarnya .

Kepada Cendana News, Senin (8/8/2016) Plt. Kadis PU Pertambangan dan Energi kabupaten Sikka, Boy Satrio melalui Yulius R.Ludji, PPK bidang PPPJ mengatakan, proyek jalan menuju Nuabari tahun 2016 akan dikerjakan.

Proyek jalan sepanjang 7,5 kilometer tersebut akan dinikmati warga desa Wolowiro, Mauloo dan Lenandareta di Kecamatan Paga serta desa Detubinga di kecamatan Tanawawo. Pengerjaan meliputi pembukaan jalan baru sekalian dengan pengaspalan.

“Nilai proyeknya sebesar 13,77 miliar rupiah mempergunakan dana DAK Regular.” ungkapnya.

Proyek jalan ini sebut Ludji akan dikerjakan PT.Waigete Abadi dengan konsultan pengawas CV.bayu Pratama. Dari total panjang jalan tersebut, pengaspalan dilakukan sepanjang 5,9 kilometer sementara sisanya merupakan pembukaan jalan baru.

“Ini merupakan jalan baru. Jalan ini bisa menjawab kebutuhan warga sekaligus mempermudah akses ke situs wisata kubur batu Nuabari,” terangnya.


Ludji berharap, masyarakat mendukung proyek in sebab proyek jalan ini merupakan usulan masyarakat dan demi kepentingan masyarakat di 4 desa yang ada di 2 kecamatan di wilayah barat kabupaten Sikka ini.

Pengerjaan jalan ini sambungnya, juga sekalian dengan pelebaran jalan dari 3 meter menjadi 4 meter serta melakukan pengaspalan. Selain itu, jalan ini juga akan dilengkapai dengan bangunan pelengkap seperti saluran air dan deker.
[Ebed De Rosary]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: