SABTU, 20 AGUSTUS 2016

MATARAM --- Jelang hari raya Idhul Adha, penjualan kambing di sepanjang jalan Kota Mataram mulai ramai oleh penjual musiman yang menawarkan ternak kambing dalam berbagai umur kepada masyarakat untuk dijadikan sebagai hewan kurban.


"Setiap jelang hari raya Idhul Adha, saya memang selalu berjualan kambing di jalan Majapahit kepada setiap warga yang lewat untuk dijadikan hewan kurban" kata Supri, penjual Kambing kepada Cendana News, Sabtu (20/8/2016).

Ia mengatakan pembelian ternak kambing oleh warga biasanya baru akan ramai mulai satu minggu sampai satu hari jelang lebaran dengan harga bervariasi, tergantung besar kecil ternak kambing.

Kalau ternak kambing kecil, harga satu ekor berkisar antara dua sampai tiga juta, sementara kalau kambing super, satu ekor harga bisa mencapai tiga sampai empat juta rupiah.

"Harga kambing hewan kurban ditentukan jenis dan besar kecilnya kambing, tapi umumnya kambing biasa lebih banyak dibeli, karena dagingnya dinilai lebih enak" kata Supri.

H. Suhardi, penjual ternak kambing lain mengatakan, dirinya sengaja memilih berjualan di pinggiran jalan raya Kota Mataram, karena menyasar masyarakat mampu seperti pejabat ataupun pengusaha sebagai pembeli.

Ia juga mengatakan, selain dari sisi ternak kambing yang disediakan lebih berpluang laku dibeli, para pembeli terutama dari kalangan pejabat atau pengusaha bisa membeli ternak kambing lebih dari satu untuk disumbangkan atau dikurbankan bagi warga di masjid.

"Pengalaman tahun lalu, ternak kambing yang saya jual bisa sampai belasan ekor, dengan harga satu ekor antara dua sampai tiga juta, mudahan saja pada Idhul Adha kali ini penjualan juga bisa banyak" tutupnya.(Turmuzi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: