SELASA, 30 AGUSTUS 2016

SUMENEP --- Meningkatnya permintaan kambing yang akan dijadikan hewan kurban membuat para pedagang di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai memborong kambing di pasaran untuk dikirim dan dipasarkan di luar daerah. Harga pejualan hewan kurban di luar daerah sangat menjanjikan, sehingga para pedagang bisa meraup keuntungan lebih besar.


“Mulai sekarang banyak pedagang yang sudah memborong kambing untuk dikirim ke wilayah Kalimantan, karena disana harganya lebih tinggi ketimbang dijual disini. Makanya setiap tahun akan menjadi berkah tersendiri ketika permintaan kambing diluar daerah meningkat, sebab kami juga akan mendapatkan hasil yang melimpah,” kata Abd. Rasyid, salah seorang pedagang asal Kabupaten Sumenep yang biasa menjual kambing ke luar daerah, Selasa (30/8/2016).

Disebutkan, jumlah pengiriman kambing ke wilayah Kalimantan meningkat tajam dibandingkan dengan sebelumnya, karena biasnya dalam setiap bulan hanya mengirim kambing sebanyak 100 ekor, namun kali ini satu kali kirim mencapai 300 ekor.

“Disana harga kambing lebih mahal dari pada disini, makanya banyak pedagang yang berbondong mengirim kambing ke wilayah Kalimantan Selatan. Kami kan juga ingin mendapatkan hasil yang melimpah, makanya memanfaatkan momentum tahunan ini,” jelasnya.


Sedangkan harga kambing yang dikirim dari Pulau Madura berkisar antara Rp. 1.500.000 – 2.000.000 per ekor. Tetapi setibanya di luar daerah, harga kambing tersebut bisa mencapai Rp. 2.500.000 – 3.500.000 per ekor, sehingga para pedagang bisa mendapatkan hasil yang cukup menjanjikan setelah dipotong biaya angkut menuju luar daerah tersebut.
[M. Fahrul]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: