SELASA, 23 AGUSTUS 2016

SUMENEP --- Hari raya Idul Adha menjadikan sebuah berkah tersendiri bagi peternak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Momentum lebaran kurban, sapi akan lebih mudah laku dan harga cukup tinggi. Sehingga mereka mulai melakukan perawatan ekstra agar dapat memikat daya tarik para pembeli.


Dengan melakukan perawatan sapi yang lebih dari hari-hari sebelumnya akan berpengaruh besar terhadap perkembangan daging sapi tersebut. Maka dari itu para peternak selalu membersihkan sapi dengan cara dimandikan dua kali sehari, supaya perkembangan daging sapi itu bisa cepat.

“Sebelumnya hanya di mandikan satu kali sehari, namun dengan mendekatnya momentum hari raya Idul Adha, kami sudah melakukan perawatan ekstra dengan cara memandikan dua kali sehari. Karena jika kondisi sapi selalu bersih badannya sehat dan perkembangan dagingnya juga cepat, jadi kalau sudah gemuk akan mudah laku dibeli oleh pembeli untuk kebutuhan kurban,” kata Darso, salah seorang peternak sapi di Kabupaten Sumenep, Selasa (23/8/2016).


Disebutkan, dengan semakin rajin menjaga kebersihan dan kesehatan sapi ternak yang dipelihara, maka akan dapat menarik minat daya pembeli. Sebab pemebeli juga akan melihat kondisi hewan kurban.

“Memang harus bersih biar tetap sehat, tetapi selain itu juga bertujuan menjaga kondisi daging sapi Madura yang terkenal sangat bagus dan sehat untuk dikonsumsi. Jadi kalau perawatannya tidak serius kurang sehat dan itupun sulit menarik orang yang ingin membelinya,” jelasnya.
[M. Fahrul]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: