SENIN, 15 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Tak lama pelaksana kurban pada hari raya Idul Adha akan datang, dan warga dihimbau membeli sapi lokal untuk kurban mendatang. Bahkan pemerintah kota menjamin sapi lokal memiliki kesehatan karena sudah diperiksa oleh Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP).

Kepala DPKP Balikpapan, Yosmianto menjelaskan sapi lokal lebih berbobot dan perawatannya dalam pemantauan pihaknya. 

"Disarankan membeli sapi lokal karena sapi lokal perawatan dan kesehatannya lebih terjamin. Kita sediakan sapi lokal untuk kurban sekitar 1.500 ekor dari petani yang tersebar di kota ini," terangnya Senin (15/8/2016).

Yos juga memastikan, akan melakukan pemeriksaan bagi seluruh hewan kurban sehingga layak dikonsumsi. Hewan yang nantinya tidak layak sesuai hasil pemeriksaan akan diberi tanda dan dilarang dijual di Balikpapan.

"Meski harga sapi lokal terbilang mahal, kan pedagang juga bersaing sapi yang didatangkan dari luar. Tetap menyarankan konsumen untuk membeli hewan lokal," ujarnya.

Adapun untuk kebutuhan hewan kurban di Balikpapan tahun ini sebanyak 3.000 ekor. Kebutuhan itu dipenuhi dari petani lokal dan sebagian didatang dari luar Balikpapan.

"Kebutuhan hewan kurban tahun lalu agar turun, tapi kami tetap memenuhi kebutuhannya seperti tahun lalu," tutupnya.
[Ferry Cahyanti]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: