RABU, 10 AGUSTUS 2016

ACEH --- Lembaga mahasiswa Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP) Universitas Mlaikussaleh (Unimal), menggelar pelatihan pendidikan politik kepada pemuda, di di Gor Acc Unimal, Cunda, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (10/8/2016).


Kegiatan tersebut merupakan program pendidikan demokrasi jelang pemilihan kepala daerah serentak yang akan berlangsung pada 2017 mendatang. Sebagaimana diketahui, Provinsi menjadi salah satu daerah yang ikut dalam Pilkada serentak jilid dua yang akan digelar pada Februari 2017.

Ketua Pelaksana Zulfanzar, mengatakan, kegiatan tersebut diberi nama Training Pembentukan Karakter Prodemokrasi Sebagai Pengawal Perdamaian. Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 60 orang pemuda yang berasal dari berbagai desa.

“Kegiatan tersebut merupakan bentuk nyata dari kita BEM Fakultas ISIP dalam mewujudkan karakter mahasiswa sebagai agent of change, khususnya bidang pengembangan sosial dan politik masyarakat,” ujarnya, kepada Cendana News.

Menurutnya, hingga saat ini, masyarakat Indonesia terutama pemuda masih terus membutuhkan pendidikan demokrasi. Terlebih, katanya hingga saat ini, demokrasi di Indonesia terus mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Ketua BEM Fakultas ISIP, Unimal, Haris Munandar, mengatakan, pemuda memiliki peran aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional. Makanya ia berharap, melalui kegiatan tersebut, tumbuh rasa minat para pemuda dan mahasiswa untuk terus mengawal proses pilkada hingga menjadi lebih baik lagi.

“Kedepan para pemuda tidak hanya berperan dalam bidang pembangunan secara fisik dan mental semata, tetapi juga dalam membangun demokrasi yang partisipatif dan aktif mengawal perdamaian di Aceh yang telah kita rasakan sejak lama,” jelas Haris.(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: