SELASA, 16 AGUSTUS 2016

BANYUMAS --- Pembangunan kandang ayam menuai masalah, keberatan datang dari warga RT.06, RW.02 desa Karangkemiri  kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Masyarakat mengeluhkan keberadaan kandang ayam yang dibangun di sekitar perumahan warga yang dinilai mulai menimbulkan bau tidak sedap dari kotoran ayam. Beberapa wargapun berinisiatif melaporkan permasalahan tersebut kepala desa.


“Keberadaan kandang yang dibangun dekat pemukiman warga desa karang kemiri akhir-akhir ini mulai dikeluhkan warga. Terutama karena karena dibangun terlalu dekat, ketika ditiup angin bau dari kotoran yang begitu menggangu sekali. Selain itu juga menimbulkan lalat yang masuk kedalam rumah sehingga lingkungan lingkungan kami tidak sehat hingga ada warga yang terkena penyakit asma yang disebabkan oleh udara yang kotor,"sebut ketua RT, Sumadi dalam pernyataan tertulis yang diterima Cendana News, Selasa (16/8/2016)..

Sementara itu, Kepala Desa Karangkemiri, Bambang Sutikno mengatakan bahwa hal tersebut merupakan masalah teknis pendirian kandang. Seperti jarak kandang yang ideal seperti apa. Aturannya kan harus 300 meter dari pemukiman warga, kemudian populasi ternak yang ideal bagaimana. 

"Bahkan termasuk masukan tentang bagaimana cara merawat ayam pedaging yang sehat,” jelas Bambang .

"Ya nanti kami selaku pemerintah desa akan memfasilitasi agar permasalahan ini dapat terselesaikan dengan baik, baik secara teknis maupun peraturan hukum yang berlaku mengenai pendirian kandang hewan,"tutup Bambang.
[Yusfi Wawan Sepriyadi]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: