MINGGU, 14 AGUSTUS 2016

SOLO --- Tak kurang dari 170 siswa dari Sanggar Tari Meta Budaya, selama dua hari ini (Sabtu-minggu) unjuk kebolehan di Pendopo, Taman Sriwedari, Solo, Jawa Tengah. Selain mengasah talenta anak, kegiatan pentas di panggung ini juga untuk membekali anak agar mempunyai pengalaman saat pentas di depan orang banyak.


Hal inilah yang ditekankan oleh Sekretaris Sanggar Tari Meta Budaya, Solo Ari Satriya Wibowo, saat menggelar kegiatan dengan tajuk Apresiasi Seni Sanggar Tari Meta Budaya. Siswa sanggar tari yang sebagian besar masih anak-anak ini dilatih untuk bisa tampil maksimal di atas panggung.

“Para siswa ini diberi make up layaknya pentas sebenarnya dan dengan kostum yang disesuaikan dengan tarian yang akan dibawakan. Dengan harapan mereka benar-benar dapat merasakan dan mampu menguasai suasana pentas di atas panggung,” ujar Ari kepada Cendana News, Minggu sore  (14/8/2016).

Kegiatan yang dipusatkan di Pendopo Sriwedari dengan unjuk kebolehan juga untuk menggali  bakat sekaligus melatih siswa menjadi penari profesional. Dalam pentas tersebut, setidaknya diikuti siswa-siswa dari 19 cabang Sanggar Tari Meta Budaya di Solo.  Melalui Apresiasi Seni ini, para siswa juga dapat diketahui sisi mana yang kurang atau talenta anak yang lebih menojol, karena juga menhadirkan tim penilai yang berasal dari Dewan Pengawas.


“Dewan pengawas ini ada  yang berasal dari Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Pemkot Solo dan ada dari Guru SMK 8  atau SMK Seni di Solo,” lanjutnya.

Melalui kegiatan Apreasiasi Seni yang jauh lebih penting adalah pihak orang tua tidak perlu khawatir, karena kegiatan yang dilakukan bersifat positif. 

“Dengan kegiatan ini, selain membekali kemampuan pentas di atas panggug, sekaligus dapat membatu memberikan kegiatan bagi anak-anak, agar tidak  memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan yang negatif,” tutupnya. (Harun Alrosid).
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: