SABTU, 27 AGUSTUS 2016

BATU --- Semakin berkurangnya jumlah petani di kota Batu khususnya di wilayah kelurahan Temas, membuat Aditya Prasaja sebagai Lurah di wilayah tersebut harus mencari cara untuk mengajak warganya agar tetap menekuni dunia pertanian. 


"Generasi muda utamanya kini sudah tidak lagi begitu tertarik dengan pertanian. Alasannya karena pertanian itu di anggap sudah kuno dan tidak menjanjikan" ujarnya kepada Cendana News, Sabtu (27/8/2016).

Oleh karena itu ia ingin mengembalikan dan menambah wawasan bahwa pertanian itu tidak kuno, bahkan kalau masyarakat ingin serius menggarap sektor pertanian, Aditya yakin bahwa sektor pertanian tidak kalah dengan sektor lainnya.

"Saya yakin, kita bisa kok hidup sejahtera dengan mengandalkan pertanian" ucapnya.

Aditya juga mengajak masyarakat untuk memulai manajemen usaha tani yang baik, sehingga mereka tidak rugi ketika bertani. Menurutnya, untuk bertani tidak harus memiliki sawah karena bertani bisa dilakukan dimana saja dan banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bertani salah satunya yaitu bertani dengan menggunakan polybag, terangnya.

Disebutkan, luas lahan pertanian di kelurahan Temas berkisar 80-90 hektar. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa produk unggulan pertanian diwilayahnya adalah berupa sayur-sayuran. Namun begitu ia juga menyayangkan semakin menurunnya jumlah petani yang ada di kelurahannya tersebut.


"Dari enam belas ribu jumlah penduduk yang ada di Kelurahan Temas, hanya sekitar tiga ribu saja warganya yang berprofesi sebagai petani,"ungkapnya. 

Meski jumlah petaninya hanya beberapa persen dari jumlah penduduk, namun sistem pertanian yang ada di daerah Temas sudah menuju ke sistem pertanian organik.

"Sesuai dengan program dari kota Batu sendiri, sistem pertanian kita sekarang sudah menuju ke arah organik. Bahkan sudah ada beberapa petani yang beralih ke pertanian organik" ucapnya.

Sementara itu, Ia berharap dengan di selenggarakannya acara tahunan Festival Kampung Tani di wilayahnya tersebut, bisa menyemangati warganya untuk kembali bertani sesuai dengan tema kegiatan pada tahun ini yaitu 'Berani Bertani'.
(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: