SENIN, 15 AGUSTUS 2016

MALANG --- Ratusan jenis keris sejak hari Jumat yang lalu higga Rabu mendatang (12-17 Agustus 2016)  turut meramaikan pameran dan bursa 'Tosan Aji Nusantara' di lantai 3 MX mall jalan Veteran kota Malang. Acara tersebut sengaja di selenggarakan oleh Sekretatiat Nasional Keris Indonesia (SNKI), Paguyuban Pecinta dan Pelestari Tosan Aji AJISAKA dan Sekolah Budaya Kampung Tunggulwulung Gentong Tiga Dupa (DUPALO) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (HUT NKRI).


"Selain untuk memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus juga agar masyarakat bisa lebih mengenal keris Tosan Aji sebagai warisan bangsa dari nenek moyang kita," jelas koordinator pembursa, Rafiq Kamarukhan kepada Cendana News, Senin (15/8/2016).

Ia mengatakan dalam pameran tersebut di ikuti oleh kurang lebih 35 peserta pecinta Tosan Aji dari berbagai daerah di Indonesia seperti Yogyakarta, Solo, Bali, Lombok dan hampir semua kota yang ada di Jawa Timur. Disebutkan, Tosan Aji sendiri merupakan sejenis senjata seperti keris, tombak dan pedang yang dibuat dengan cara tempa lipat, terangnya.


Menurutnya, harga keris yang ditawarkan disini beraneka ragam mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah tergantung kualitasnya. Namun begitu, Rafiq menuturkan bahwa dalam pameran ini yang di fokuskan bukan pada penjualannya tetapi lebih mendekatkan dan mengenalkan keris kepada Masyarakat sebagai bentuk pelestarian budaya.

"Budaya kita jangan sampai kalah dengan kemoderenan, bahkan justru harus diatas dunia modern. Karena sebagai bangsa yang berbudaya kita seharusnya bangga dengan budaya sendiri, bukan justru senang dengan budaya orang lain," ungkap pria asli Sumenep ini.

Jangan sampai anak cucuk kita nantinya justru belajar mengenai keris ke luar negeri, padahal disini adalah tempatnya. 


"Kalau kita sudah melupakan adat dan budaya sendiri, pasti lambat laun sejarahnya juga akan di lupakan," tandasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa tidak semua keris yang ada di sini di jual, tetapi ada juga yang hanya untuk di pamerkan bukan untuk diperjual belikan.

Sementara itu dalam acara ini juga di adakan pentas seni budaya nusantara, konsultasi keris dan tosan aji, bursa perabotan keris, sertifikasi keris, penjamasan keris dan sarasehan budaya.(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: