SENIN, 15 AGUSTUS 2016

SUMENEP --- Menjelang lebaran Idhul Adha harga kambing di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mulai mengalami lonjakan, pasalnya seminggu terakhir ini kebutuhan masyarakat terhadap kambing untuk dijadikan kurban meningkat drastis. Sehingga mempengaruhi terhadap tingginya harga dipasaran dari pada hari-hari sebelumnya.

Suasana pasar kambing di Kabupaten Sumenep.
Padahal hari raya Idhul Adha masih tinggal sebulan lagi, tetapi kebanyakan masyarakat sejak sekarang sudah membeli kambing untuk mengantisipasi tingginya harga yang semakin tidak terkontrol. Sebab ketika waktu lebaran kurban sudah dekat biasanya lonjakan harga kambing cukup tinggi akibat pasokan kambing dan kebutuhan masyarakat tidak seimbang.

“Sejak seminggu yang lalu harga kambing di daerah ini sudah mengalami lonjakan, karena kebutuhan masyarakat mulai banyak dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Makanya secara otomatis ketika permintaan banyak harga juga akan mengalami kenaikan,” kata Misnadin (40), salah seorang pedagang kambing di Pasar Bangkal, Kabupaten Sumenep, Senin (15/8/2016).

Disebutkan, bahwa kenaikan harga kambing saat ini masih belum begitu tinggi, karena kebutuhan masyarakat tidak sebanyak ketika hari raya sudah tinggal satu minggu. Tetapi dari pasaran sebelumnya harga kambing terus mengalami kenaikan, apalagi ditambah pasokan dari peternak yang menjual kambing ke pasar.


“Meskipun lebaran Idhul Adha masih lama, saat ini warga sudah mulai banyak yang membeli kambing. Karena mereka membeli lebih awal mumpung kenaikan harga kambing tidak terlalu tinggi, sebab jika lebaran sudah dekat dipastikan harga kambing melambung tinggi,” jelasnya.

Kenaikan harga kambing saat ini antara Rp. 150.000 - 200.000 per ekor, dari yang biasanya harga kambing Rp. 1.000.000, kini menjadi Rp. 1.150.000 - 1.200.000 per ekor. Namun ketika sudah memasuki H-10 lebaran Idul Adha, harga kambing di berbagai pasar ternak bisa melonjak hingga Rp. 500.000 per ekor, dari hari biasa yang hanya Rp. 1.000.000 per ekor bisa mencapai Rp. 1.500.000 per ekor.

“Kemungkinan besar kedepan kenaikan harga kambing ini akan terus melonjak, karena saat ini saja sudah mengalami kenaikan. Apalagi nanti sudah memasuki bulan Idhul Adha, maka dipastikan harga kambing tersebut kenikannya semakin tinggi,” paparnya. (M. Fahrul)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: