RABU, 17 AGUSTUS 2016

ACEH --- Keberkahan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 71 juga dirasakan oleh sebanyak 145 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Lhokseumawe, Aceh. para napi tersebut mendapat jatah remisi dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).


“Berdasarkan surat keputusan dari Kemenkumham, dalam rangka HUT RI ke 71, 145 warga binaan kita di LP Kelas IIA Lhokseumawe berhak memperoleh remisi,” ujar Nawawi, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lapas Kelas IIA Lhokseumawe, usai upacara HUT RI, Rabu (17/8/2016).

Nawawi menyebutkan, napi yang memperoleh remisi diantaranya adalah napi kasus tindak pidana umum sebanyak 99 orang. Kemudian 8 orang berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 28 tahun 2006, dan sebanyak 38 orang diberi remisi berdasarakan PP nomor 99 tahun 2012.

Ia melanjutkan, besaran remisi yang diterima oleh warga bianaannya tersebut mulai dari satu hingga lima bulan. 

“Remisi yang diperoleh berdasarkan keptusan Kemenkumham mulai dari satu bulan sampai lima bulan,” kata Nawawi.

Menurutnya, semua napi bisa memperoleh remisi sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu hal penting, kata Nawawi di depan warga binaannya, adalah berkelakuan baik dan patuh pada aturan LP selama menjalani masa tahanan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, LP kelas IIA menggelar kegiatan seremonial penyerahan remisi kepada para napi di LP setempat. Penyerahan remisi tersebut berlangsung setelah pelaksanaan upacara bendera dan dilakukan oleh Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya.(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: