KAMIS, 4 AGUSTUS 2016

SOLO --- Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ri ke -71, sebuah hotel di Solo, Jawa Tengah membuat kreasi kuliner unik. Salah satunya adalah yang dilakukan manajemen Novotel dan Ibis Styles Solo dengan menghadirkan Festival Pizza Nusantara.


Pizza yang merupakan jenis roti bundar pipih yang dipanggang dan dilumuri dengan saos, tomat dan keju ini di tangan chef handal diubah menjadi beragam makanan khas Indonesia. Pizza yang notabenenya merupakan makanan asli italia itu dipadukan dengan resep yang bercitarasa Nusantara. 

“Setidaknya ada empat jenis pizza yang sengaja kita hadirkan dalam HUT Kemerdekaan RI kali ini. Semuanya adalah citarasa makanan khas Indonesia,” ucap Lilis Iswahyudi selaku Excecutive Chef Novotel Solo, kepada awak media pada Kamis pagi (4/8/16).

Disebutkan, empat jenis Pizza Nusatara ini seperti Pizza Rendang Daging Padang, Pizza Seafood Bumbu Bali, Pizza Ayam Rica-Rica Manado dan Pizza Bebek Solo Lada Hitam. 


“Satu pan pizza dengan beragam pilihan topping ini dihargai  Rp 40 ribu ++.  Ini bisa dinikmati di Restoran hotel atau dibawa pulang,” terang Chef Iswahyudi.

Untuk membuat Pizza Nusantara sendiri hampir sama dengan membuat pizza pada umumnya. Bedanya hanya dalam persiapan bahan-bahan yang merupakan perpaduan makanan khas Indonesia. Yang membuat semakin menarik adalah, para awak media di Solo diminta langsung melakukan demo pembuatan Pizza Nusantara tersebut. 

“Tentunya dengan kita dampingi sesuai proses pembuatan pizza yang benar,” jelasnya.

Diterangkan Chef, setelah  semuanya roti bulan sebagai bahan dasar pizza dilumuri berbagai makanan khas Nusantara, proses selanjutnya adalah dengan memasukkan pizza tersebut kedalam oven. Tidak perlu waktu lama agar pizza siap dihidangkan. Yakni hanya berkisar 5-6 menit dengan suhu 150 derajat celcius.  


“Setelah matang kita persilahkan untuk mencicipi hasil kreasi Pizza Nusatara masing-masing. Dengan itu, temen media bisa langsung menikmati sensasi Pizza Nusatara ala Solo,” ungkapnya.

Sementara itu, Public Relation (PR) Novotel – Ibis styles Solo, Tiwik Widowati menambahkan, dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Ri ke – 71, selain mengahadirkan Festival Pizza Nusantara, hotel juga mempersiapkan sejumlah menu makanan dan minuman yang tak kalah menariknya. Diantaranya, Cake Salam Merdeka yang merupakan kreasi Chef Nanik selaku pastry chef, sun pastry dan Deli Shop. Cake Salam Merdeka sendiri merupakan kue spone berlapis lembut dengan  tampilan Tema HUT RI ke 71. 

“Cake ini cocok dinikmati daalm keadaan dingin. Cake Merdeka ini cocok dinikmati sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari dengan harga Rp 20.000 ++,” imbuhnya.

Sedangkan untuk minuman, hotel ini juga menghadirkan minuman bertemakan Nasionalisme, yakni minuman Semangat ’45. Minuman ini khusus diracik dari es krim vanilla, susu cair dan buah semangka yang dihaluskan. Sehingga menghasilkan perpaduan warna yang pas bernuansa Kemerdekaan RI yang kental dengan warna merah dan putih. Sementara untuk menu berat seperti nasi, dihadirkan pula Ayam Lodho Trenggalek yang merupakan makanan khas Tulungagung-Trenggalek, Jawa Timur.

“Dengan hadirnya varian menu bertema HUT RI ke 71, diharapkan dapat memberikan pengalaman berbeda untuk beragam hidangan bercitarasa Nusantara bagi tamu yang singgah di Solo,” pungkas Tiwik. (Harun Alrosid)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: