SABTU, 20 AGUSTUS 2016

SOLO --- Semarak kemerdekaan masih terus digelar di sejumlah daerah di Indonesia. Di Klaten, Jawa Tengah, Komandan Kodim dan Kapolres memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 71 ini dengan mengibarkan sang saka Merah Putih di dalam air.


Pengibaran bendera Merah Putih di kolam renang Umbul Ponggok dipimpin langsung Komandan Kodim 0723, Lektol Infantri Bayu Jagat dan Kapolres Klaten, AKBP Faisal. Kegiatan dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan ini diawali dengan sejumlah  personil TNI dan Polisi yang bertugas untuk menjadi peserta pengibaranb bendera.

Layaknya upacara bendera pada umumnya, aba-aba Dallam pengibaran bendera ini dengan menggunakan kode tangan. Kegiatan yang digelar dua intansi militer ini untuk mempererat hubungan antara TNI-Polri, sering kali berseteru. 

“Kegiatan ini yang kita tekankankan adalah perayaan hari kemerdekaan dapat dilakukan dimana saja. Termasuk di dalam air,” ungkap Kapolres Klaten AKBP Faisal kepada awak media, Sabtu (20/8/16).

Ditegaskan Kapolres, pengibaran bendera Merah Putih di dalam air ini juga untuk mempererat kerjasama antara TNI-Polri, sehingga dalam menjalankan tugas dapat bersinergi. Menurut Kapolres, dalam kegiatan ini peserta mengaku mendapat kesulitan. Sebab, pengibaran bendera di dalam air kesulitan mengatur pernapasan, serta komunikasi yang digunakan di dalam air harus melalui kode tangan. 

“Ada yang belum paham terkait aba-aba yang digerakkan. Karena semua peserta harus menggunakan alat bantu pernafasan,” tambahnya.  


Sementara itu, Komandan Kodim 0723 Klaten, Letkol Infantri Bayu Jagat menambahkan, digelarnya kegiatan itu sebagai bentuk semangat kemerdekaan Indonesia dengan memanfaatkan keindahan wisata air yang menjadi unggulan di Kabupaten  Klaten. 

“Harapannya kita selalu dapat bersinergi dalam setiap menjalankan tugas negera,” imbuhnya.

Upacara di dasar air Umbul Ponggok ini diharapkan bisa memberikan motivasi tinggi kepada seluruh jajaran, baik TNI maupun Polri. Selain memberikan warna tersendiri dalam semangat kemerdeaan, kegiatan ini untuk mempromosikan wisata Umbul Ponggok.  
[Harun Alrosid]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: