SABTU, 27 AGUSTUS 2016

SUMENEP --- Meski murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Desa Lembung Barat, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur sedikit, namun kegiatan belajar mengajar tetap berjalan seperti biasa. Minimnya minat pelajar terhadap sekolah dasar negeri tersebut lantaran masyarakat setempat memilih menyekolahkan anaknya ke lembaga swasta.


“Kami sudah berusaha maksimal mencari siswa setiap menjelang tahun ajaran baru, tetapi sebagian masyarakat lebih memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta terdekat. Akibatnya siswa sekolah disini akhir-akhir ini terus menyusut, karena sekarang jumlah siswa secara keseluruhan hanya tinggal 17 orang,” kata Iskandar, Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Lembung Barat, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Sabtu (27/8/2016).

Disebutkan, bahwa dengan minimnya siswa yang ada tidak mempengaruhi sedikitpun terhadap aktifitas belajar mengajar di sekolah tersebut, sehingga kegiatan guru dan murid tetap berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan setiap hari sebagian besar siswa diantar oleh orang tuanya untuk menemani putra-putrinya di dalam kelas saat pelajaran berlangsung.

“Jadi untuk kelas IV dan V memang tidak ada muridnya sama sekali, tetapi kalau guru Pegawai Negeri (PNS) sebanyak sepuluh orang dan ditambah dengan guru honorer empat orang,” jelasnya.


Sedangkan jumlah siswa secara keseluruhan dari semua kelas sebanyak 17 orang, diantaranya, kelas I sebanyak 5 orang, kelas II sebanyak 2 orang, kelas III sebanyak 3 orang dan kelas VI sebanyak 7 orang. Meskipun keberadaan siswa cukup minim, sekolah tersebut tetap dipertahankan oleh dinas terkait, sehingga kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan cara digabung dalam satu kelas.
[M. Fahrul]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: