SENIN, 22 AGUSTUS 2016

PONTIANAK --- Mie Suwah merupakan salah satu makanan khas Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Berukuran kecil dan lembut, mie terbuat dari tepung gandum yang sudah diolah menjadi kecil lurus. Ketika akan dimasak, hanya dicuci menggunakan air hangat saja, diberikan kuah dan dicampur daging sapi.


Menurut penjual mie suwah di Jalan Komodor Yos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak, Rahmawati, ia menjual mie suwah sudah belasan tahun. Ia setiap harinya membeli mie suwah ke pasar Flamboyan Kota Pontianak.

“Selama 19 tahun ini saya menjual mie suwah ini. satu hari laku ratusan mangkok. Satu mangkok Rp 13 ribu,” tuturnya, Senin (22/8/2016).

Dikatakanya, omsetnya selama sebulan bisa mencapai Rp 20 juta. Selama menjual mie suwah, ia tak pernah sepi pengunjung. Padahal, dirinya tak pernah mengiklan bisnis mie suwah ke media massa.

“Ini mungkin mulut ke mulut pelanggannya datang kesini. Rata-rata sih baru pelangganya, ada juga yang sudah menjadi pelanggan lama. Mereka cerita ke teman atau keluarganya,” ucap wanita berusia 38 tahun ini.


Dirinya pun tak pernah mengira, bisnis mie suwah akan banyak penikmat. Karena, di Kota Pontianak sendiri banyak yang berjualan bakso atau mie dari luar Kalbar.
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: