MINGGU, 21 AGUSTUS 2016

PONTIANAK --- Sabtu malam, lahan gambut kembali membara. Lahan seluas setengah hektar ini terletak di Jalan Selat Panjang, Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Amukan si jago merah sempat mendekat ke permukiman komplek perumahan warga setempat. 


Berdasarkan penuturan warga setempat, Yudha Putra, lahan gambut itu diduga sengaja dibakar untuk pengembangan perumahan. Dikatakan,  lahan gambut yang terbakar disekitar area komplek perumahan Golf Residence.

"Sepertinya sengaja dibakar setelah Maghrib. Tiba-tiba api membesar," tuturnya, Sabtu malam (20/8/2016).

Dikatakan, pada saat kejadian angin begitu kuat kencang. Alhasil, kebakaran menjalar ke lahan lainnya.

"Membuat api cepat menjalar di lahan yang ditumbuhi pepohonan kering dan ilalang. Puluhan warga yang berusaha memadamkan api, tidak bisa berbuat banyak. Karena, di sekitar lokasi kebakaran tidak ada sumber air," ucapnya.

Untuk memadamkan api, warga menggunakan alat seadanya,. Itu dilakukan, supaya jangan sampai api lebih menjalar lagi. Upaya itu pun, berhasil dilakukan.

"Warga coba memadamkan api dengan memukul-mukul menggunakan kayu seadanya. Tapi memang anginnya cukup kuat. Api terus menjalar dan membesar," ujarnya.

Pada saat terjadinya kebakaran, warga lainya berusaha menghubungi pemadam kebakaran. Selang beberapa jam kemudian, sang petugas pemadam swasta dan pemerintah berdatangan ke lokasi kejadian membawa mobil pemadam dan peralatan. Namun sayang, dikarekan kondisi kemarau panjang dan juga minimnya sumber air, membuat petugas kewalahan.

"Wah, jauh sumber airnya," ucap petugas pemadam, berteriak disaat mencari sumber air kesulitan. Namun demikian, hal itu bukan rintangan.


Tidak lama kemudian, petugas menemukan sumber air namun dengan debit kecil. Api sudah menyebar sekitar sepanjang 500 meter, tidak jauh dari lahan yang dipenuhi pepohonan. Hingga kini, kebakaran lahan gambut itu berangsur berhasil dipadamkan. 
[Aceng Mukaram]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: