RABU, 10 AGUSTUS 2016

SUMENEP --- Minimnya hasil tangkapan nelayan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur membuat harga ikan mulai mengalami lonjakan. Kenaikan harga di ujung timur Pulau Madura dari hari-hari sebelumnya berkisar dari Rp. 3000 – 8000 per kilogram.


“Beberapa hari terakhir ini harga ikan mulai melonjak, karena pasokan ikan dari nelayan ke pedagang sangat minim,” kata Nur Hasanah, salah seorang pedagang ikan di pasar tradisional Kabupaten Sumenep, Rabu (10/8/2016).

Disebutkan, apabila pasokan ikan kedepan tetap minim, kemungkinan harga ikan di daerah ini akan terus melambung. Meski begitu, para konsumen akan tetap memburu ikan segar untuk kebutuhan konsumsi bersama keluarganya.


Sementara harga ikan laut yang mengalami kenaikan, diantaranya, ikan kakap merah yang semula harganya hanya Rp. 52.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp. 60.000 per kilogram. Untuk harga ikan kakap putih dari semula Rp. 42.000 per kilogram, kini naik menjadi Rp. 45.000 per kilogram dan ikan tongkol dari semula Rp. 12.000 per kilogram,  kini naik menjadi Rp. 15.000 per kilogram.

Para pedagang belum bisa memastikan sampai kapan harga ikan itu terus melambung, sebab sampai sekarang hasil tangkapan ikan nelayan masih belum ada perkembangan meski kondisi cuaca sudah membaik. 
[M. Fahrul]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: