SABTU, 13 AGUSTUS 2016

LAMPUNG --- Puluhan anggota pecinta alam yang tergabung dalam komunitas pecinta alam Lampung Selatan, komunitas pendaki gunung serta beberapa anggota Pramuka dari beberapa kwartir ranting di Kabupaten Lampung Selatan melakukan kegiatan pendakian Gunung Rajabasa yang berada di Kabupaten Lampung Selatan. Pendakian gunung dengan ketinggian mencapai 1.280 meter di atas permukaan laut tersebut dilakukan melalui jalur Desa Sumur Kumbang Kecamatan Kalianda.


Salah satu anggota komunitas pendaki gunung Lampung Selatan,Aji yang sekaligus anggota Pramuka mengungkapkan, kegiatan pendakian gunung tersebut dilakukan sebagai salah satu kegiatan memeriahkan HUT Pramuka serta HUT ke -71 RI yang akan dirayakan pada tanggal 17 Agustus mendatang. 

Ia mengungkapkan kegiatan pendakian gunung merupakan kegiatan rutin komunitas tersebut untuk menjalin silaturahmi sekaligus momen untuk refleksi dalam kegiatan khusus dan semakin mendekatkan diri dengan alam dan lingkungan.

“Selama ini beberapa kegiatan untuk pelestarian lingkungan telah kita lakukan di dataran rendah dan pendakian ke gunung salah satunya untuk merayakan ulang tahun Pramuka yang akan dirayakan esok dan kami akan mengadakan renungan sekaligus ungkapan syukur di puncak Rajabasa”terang Aji saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu (13/8/2016).

Ia juga menegaskan sebagai salah satu gunung yang ada di ujung Selatan Pulau Sumatera tersebut, Gunung Rajabasa sekaligus menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan renungan mengisi hari Pramuka dan HUT RI terutama karena puncak Gunung Rajabasa merupakan salah satu lokasi yang memiliki sisi historis dalam perjuangan kemerdekaan.

Sisi historis tersebut diantaranya puncak dan lereng Gunung Rajabasa menjadi salah satu saksi bisu perjuangan para pejuang dan pahlawan asal Lampung Selatan, Raden Inten II dalam upaya mempertahankan tanah Lampung dari penjajahan Belanda sehingga pejuang banyak membangun benteng-benteng dan tempat persembunyian di gunung tersebut.

Momen pendakian gunung yang diisi dengan kegiatan berkemah di puncak Gunung Rajabasa lanjut Aji, akan menjadi sebuah kesempatan para pendaki dan anggota Pramuka untuk merenungkan perjuangan para pahlawan pendahulu yang berjuang mendapatkan kemerdekaan. Puncaknya seluruh pendaki dari beberapa komunitas akan melakukan upacara bendera di puncak Rajabasa.

“Beberapa komunitas selain kami sudah ada yang naik dan berencana melakukan kemah di atas Rajabasa hingga peringatan HUT RI ke 71 dengan melakukan pengibaran bendera,“terang Aji.

Sebagai pecinta alam dan pendaki serta pembina Pramuka, Aji mengungkapkan beberapa komunitas pecinta alam kerap melakukan pendakian di beberapa gunung di Lampung untuk peringatan HUT RI diantaranya mendaki Gunung Krakatau di Selat Sunda, Gunung Betung di Kabupaten Pesawaran, Gunung Tanggamus di Kabupaten Tanggamus dan Gunung Rajabasa. Beberapa gunung tersebut menjadi lokasi favorit bagi pendaki karena memiliki jalur pendakian yang sangat baik dan kerap dituju oleh beberapa pendaki.


Khusus pendakian ke Gunung Rajabasa beberapa komunitas kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga pecinta alam diantaranya mendaki gunung melalui beberapa base camp untuk menuju puncak Rajabasa. Salah satu pendaki, Sarmin yang mendaki Gunung Rajabasa keempat kalinya mengaku senang masih berkesempatan mendaki gunung tersebut.

“Pendakian bagi saya pribadi memiliki arti perjalanan hidup saya dan juga komunitas dan upaya pejuang mempertahankan kemerdekaan, perlu kerjasama dan kebersamaan saat mendaki gunung bukan karena kekuatan individu,"terang Sarmin.

Kagiatan mendaki gunung selain memupuk kebersamaan sekaligus dilakukan pada momen khusus sehingga tidak menjadi sebuah perjalanan tanpa makna. Sarmin bahkan mengaku bersama komunitasnya mendaki gunung bertepatan dengan mendekati hari Pramuka dan HUT RI sekaligus sebagai ungkapan syukur. Rencananya beberapa komunitas akan melakukan pendakian untuk peringatan HUT Pramuka dan sebagian mendekati HUT RI ke -71 dengan upacara pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Rajabasa.
[Henk Widi]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: