RABU, 3 AGUSTUS 2016

MAUMERE --- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sikka hingga tahun 2016 masih menempatkan guru-guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengajar di berbagai sekolah swasta yang ada di Kabupaten Sikka.

Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Sikka, Simon Subsidi ,Ssos.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) kabupaten Sikka,Simon Subsidi ,Ssos kepada Cendana News, Rabu (3/8/2016). Dikatakan Simon, meski pemerintah pusat melarangnya, Pemda Sikka belum bisa memenuhi aturan ini.

“Kami masih kekurangan guru sehingga banyak guru PNS yang masih mengajar di sekolah swasta,” sebutnya.

Disebutkan Simon, dinas PPO Sikka akan tetap support sekolah swasta dengan memperbantukan guru negeri ke berbagai sekolah swasta. Memang sebutnya, ada larangan dari pemerintah pusat tapi pihaknya tetap melakukan itu.

Mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Sikka ini menyebutkan, penempatan guru negeri di sekolah swasta penting untuk menjawab kekurangan guru di kabupaten Sikka. Selain itu, banyak sekolah yang juga diperkenankan mengangkat guru honorer komite sendiri.

“Guru negeri yang masih mengajar di sekolah swasta masih dipertahankan sambil menunggu instruksi dari pusat,” tegasnya.

Secara umum kata Simon untuk mengatasi kekurangan guru, Pemda Sikka tetap mengangkat guru-guru honorer untuk diperbantukan di sekolah swasta. Pemda Sikka terangnya, selalu mendukung sekolah swasta untuk bisa berkembang dengan memperbantukan guru PNS dan menganggarkan dana dari APBD II bagi guru honorer selain kucuran dana BOS.

“Secara nasional persoalan guru ini juga sedang di diskusikan dan kita di NTT hampir semua daerah masih kekurangan guru,” terangnya.

Simon juga berharap agar intelektual anak-anak didik ke depannya harus ditingkatkan termasuk karakter dan pengetahuan anak didik. Para guru pintanya, harus menyesuaikan juga dengan kurikulum 2013. Dinas PPO Sikka tambahnya, sedang melakukan pelatihan bagi guru-guru agar KBM bisa sesuai dengan kurikulum 2013.

Dari data yang diperoleh Cendana News menyebutkan, di Kabupaten Sikka terdapat 450 sekolah. Dari jumlah tersebut, SD dan SDLB sebanyak 337 sekolah, SMP  80, SMU 20 dan SMK 13 sekolah. Jumlah  guru SD sebanyak 3.333, SMP 1.222, SMU 223, SMK sebanyak 253 guru.(Ebed de Rosary)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: