KAMIS, 18 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Rumah Pemilu tengah disiapkan Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan, yang ditargetkan akan terealisasi pada tahun 2018 mendatang. Pasalnya, keberadaan Rumah Pemilu itu nantinya bisa dijadikan wisata politik bagi pelajar ataupun mahasiswa, masyarakat yang ingin mengetahui proses Pemilu.

Ketua KPUD Balikpapan
Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha menuturkan keberadaan Rumah Pemilu itu bisa meningkatkan jumlah angka partisipasi pemilih daerah maupun nasional baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

"Kita manfaatkan gedung yang ada, ada pemutaraan film tentang Pemilu, tentang debat, ada pajangan kelengkapan penyelenggara Pemilu kemudian ruang FGD. Itu menjadi daya tarik agar setelah berkunjung dapat ikut berpartisipasi dalam pemilu," jelasnya Kamis (18/8/2016).

Dikatakan Thoha, rumah pemilu ini tidak menggunakan ataupun mencari lahan. Namun rumah Pemilu akan menggunakan gudang kantor KPUD yang ada, sehingga sistem pemberdayaan sumber yang ada.

"Pembenahan dan membersihkan gudang sebagai lokasi Rumah Pemilu tengah dilakukan. Jadi lokasi Rumah Pemilu ini juga tak jauh dari kota, sehingga masyarakat tak kesulitan untuk datang," gebunya.

Menurutnya, sedikit demi sedikit perlengkapan untuk Rumah Pemilu tersebut, sudah mulai dilengkapi termasuk inventarisir benda-benda sejarah tentang kepemiluan.

"Rumah Pemilu ini disesuaikan dengan anggaran yang ada, ga usah repot dipikirkan karena memberdayakan yang ada dan dapat digunakan sebagai Rumah Pemilu. Masyarakat juga bisa tahu seperti apa pesta demokrasi itu," tandasnya. (Ferry Cahyanti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: