SENIN, 8 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Balikpapan mencatat jumlah pengangguran di kota Balikpapan hingga kini mencapai 7.350 orang. Jumlah tersebut didominasi pada pendidikan SMA dan Strata 1.

Kepala Disnakersos Balikpapan Tirta Dewi
Kepala Disnaker Balikpapan Tirta Dewi mengungkapkan jumlah yang tercatat oleh Disnaker saat pencari kerja membuat kartu kuning pencari kerja. Jumlah meningkat dari tahun ke tahun karena lowongan yang disediakan tidak berbanding lurus, dengan jumlah pengangguran.

"Jumlah pengangguran mencapai 7 ribuan namun lowongan cuma 1000 an. Pengangguran yang tercatat kita ketahui melalui kartu pencari kerja atau kartu kuning atau  a-k1," jelasnya saat ditemui Senin (8/8/2016).

Tirta menjelaskan jumlah pengangguran itu belum dari pemutusan hubungan kerja (PHK) tenaga kerja. "Yang tercatat sejak bulan Februari PHK secara win-win solution ada sekitar 700 an orang," bebernya.

Untuk mengurangi angka pengangguran, Disnakersos bersama Balai latihan kerja dan pihak swasta menggelar pelatihan dan pemagangan.

"Ada sebanyak 200 orang telah disiapkan disnakersos untuk mengikuti pemagangan dan pelatihan. Ada 20 paket pelatihan seperti kejuruan Teknik Pendingin, Tata Rias Rambut, dan Perhotelan paling banyak ada 17 paket, dan Food and Beeverage atau FB ada 7 paket," ujar Tirta.

Ia menambahkan dengan pemagangan dan pelatihan kerja yang dilaksanakan tahun ini, Disnaker berkeinginan mencetak enterpreneur baru agar mampu bertahan ditengah kondisi ekonomi lesu.(Ferry Cahyanti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: